Upaya untuk menuju ketahanan kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang menyiapkan pembentukan dua organisasi riset (OR), yakni OR Kesehatan dan Gizi dan OR Pangan dan Pertanian.

"Diharapkan kedua OR ini dalam waktu dekat sudah bisa disiapkan, sehingga kegiatan lanjutan riset dan inovasi bidang kesehatan dan pangan bisa terus berjalan dengan baik," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam acara virtual Gelar Riset dan Inovasi Bidang Kesehatan dan Pangan 2021 di Jakarta, Selasa.

Keberadaan kedua OR itu dinilai penting dalam memfokuskan dan meningkatkan riset dan inovasi di bidang kesehatan dan pangan ke depan.

Baca juga: BRIN bentuk tujuh organisasi riset jalankan aktivitas riset

Baca juga: BRIN: Bangun kesadaran global untuk keragaman umat manusia


Handoko menuturkan kesehatan dan pangan merupakan bidang atau sektor fundamental dalam pembangunan nasional.

Menurut dia, jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menjadi salah satu pertimbangan penting bahwa sektor kesehatan dan pangan harus mendapat perhatian serius.

"Seluruh upaya untuk menuju ketahanan kesehatan dan pangan nasional yang tangguh harus mendapatkan perhatian dan dukungan serius," ujar Handoko.

Baca juga: BRIN bentuk belasan organisasi riset dan ratusan pusat riset

Baca juga: BRIN lakukan seleksi terbuka kepala organisasi riset


Selaras dengan itu, BRIN mengemban tugas dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat.

Oleh karenanya, BRIN akan memberikan dukungan dan sekaligus memfasilitasi pelaksanaan kegiatan riset dan inovasi di bidang kesehatan dan pangan.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021