Surabaya (ANTARA) - Perusahaan IT yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial (GoTo) bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) menyalurkan bantuan tanggap darurat bagi masyarakat korban bencana alam Gunung Semeru.

Chief Corporate Affairs GoTo Nila Marita dalam siaran pers, Sabtu, mengatakan bantuan ini dilakukan sebagai upaya gotong royong membangun optimisme masyarakat menghadapi masa pandemi dan bencana alam.

"Kami menyalurkan bantuan tanggap darurat tersebut melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Lumajang, untuk selanjutnya akan didistribusikan ke posko-posko pengungsian yang ditentukan oleh pemerintah setempat," ujarnya.

Tidak hanya memberikan dukungan bagi masyarakat Lumajang berupa bantuan tanggap darurat, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar penggalangan dana untuk pemulihan wilayah yang terdampak bencana.

Baca juga: Baznas salurkan bantuan Rp1 miliar untuk korban bencana Semeru

Baca juga: Pemkot Probolinggo salurkan bantuan untuk korban bencana Semeru


"Kami turut berduka cita atas bencana alam yang menimpa saudara kita di Lumajang. Kami berharap dampak bencana ini dapat segera teratasi dan kita dapat bangkit bersama untuk pemulihan setelah bencana," katanya.

Pada masa tanggap darurat ini, pihaknya memberikan bantuan yang sifatnya mendesak dan dibutuhkan masyarakat sehingga dapat meringankan saudara-saudara yang terdampak.

"Kami juga siap mendukung dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan dukungan pemulihan warga dan wilayah yang terdampak bencana," ujarnya.

Chairwoman YABB, Monica Oudang mengatakan, pihaknya berempati terhadap masyarakat yang terdampak bencana alam letusan Gunung Semeru.

"Semoga daerah dan seluruh warga Lumajang dapat kembali pulih," ucapnya.

Di sisi lain, Wawan Hadi Siswoyo selaku Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam atas bantuan yang disampaikan.

"Gerakan yang dicanangkan ini sejalan dengan semangat yang ingin kami tularkan bagi warga korban bencana di Lumajang ini. Kami terima amanah ini dan akan segera kami sampaikan ke para warga yang membutuhkan," katanya.

Paket bantuan tanggap darurat GoTo dan YABB terdiri dari puluhan ton paket, termasuk perlengkapan tidur di pos pengungsian, selimut, kasur, tikar, terpal, kebutuhan balita, dan makanan dalam kemasan yang siap saji.

Karena masih dalam situasi pandemi, paket bantuan juga dilengkapi dengan ribuan masker dan vitamin.*

Baca juga: Inalum kirim bantuan logistik-relawan bantu pemulihan erupsi Semeru

Baca juga: Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel kirim bantuan untuk korban Semeru

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021