Jakarta (ANTARA) - Pertamina Grup menyalurkan bantuan berupa bahan makanan, perlengkapan, dan alat kesehatan kepada korban letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.
 
Vice President Corporate Communications Fajriyah Usman mengatakan bantuan bahan makanan yang telah disalurkan berupa dua ton beras, gula pasir 0,5 ton, 400 item minyak goreng, 100 item susu kental manis, 137 boks mie instan, dan makanan pendukung lainnya, seperti susu kental manis, makanan bayi, roti dan biskuit, serta makanan kaleng hampir 1.000 item.
 
"Kami juga memberikan bantuan 50 tabung Bright Gas dan kompor 20 unit untuk keperluan memasak di dapur umum bagi pengungsi," kata Fajriyah dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Senin.
 
Selain itu, Pertamina juga menyalurkan masker medis dan masker KN 95 sebanyak 700 boks masker dan Oxycan 50 tabung untuk mengantisipasi paparan debu vulkanik, termasuk 300 item madu untuk menjaga stamina dan imunitas korban erupsi.
 
Perseroan juga menyalurkan berbagai perlengkapan, di antaranya selimut dan sarung hingga 900 item, terpal, tikar, dan jas hujan hampir 400 item, serta kebutuhan bayi dan kewanitaan.
 
Bantuan langsung diserahkan melalui Satgas Bencana Nasional BUMN wilayah Jawa Timur untuk kemudian di salurkan ke posko-posko pengungsian yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat.
 
Menurut Fajriyah, Pertamina akan terus menyalurkan bantuan untuk korban yang ada di posko pengungsian sejalan dengan kondisi di lapangan.
 
"Bantuan ini akan terus kami tingkatkan, sehingga bisa meringankan saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Semeru," ucap Fajriyah.

Baca juga: Menteri BUMN sebut anak korban terdampak bencana Semeru dapat beasiswa
Baca juga: Menggalang solidaritas kemanusiaan untuk bencana Semeru
Baca juga: Pertamina Patra Niaga siap penuhi kebutuhan BBM Natal dan Tahun Baru

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021