Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pendidikan berbasis teknologi (edutech) Quipper baru-baru ini menggelar Tryout UTBK Nasional yang berlangsung pada tanggal 8-14 November 2021.

Kegiatan diikuti oleh lebih dari 20.000 peserta secara daring, secara gratis dan terbuka untuk seluruh siswa kelas 12 SMA/sederajat atau gap year sebagai simulasi
persiapan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Hanani Faiza, Manager dari Quipper Video Masterclass menyebutkan Tryout UTBK Nasional Quipper memiliki tiga fitur unggulan.

​​Baca juga: Startup lokal mulai kembangkan aplikasi belajar daring

"Pertama, Tryout UTBK Nasional dari Quipper sudah menggunakan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT. Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal," kata Hanani dalam siaran pers pada Selasa.

Kedua, kata Hanani adalah tersedianya fitur Cek Peluang yang dapat mengukur seberapa besar peluang peserta tryout masuk di PTN yang diinginkan. Ketiga, mereka juga bisa mendapatkan rekomendasi PTN lain sesuai dengan jurusan yang dipilih

Peserta tryout yang sudah membuat akun Quipper dapat langsung menyelesaikan tryout Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), baik untuk kategori Saintek dan Sosial Humaniora (Soshum) di aplikasi android Quipper maupun melalui browser. Setelah hasil tryout keluar, Quipper menyediakan pembahasan soal tryout dalam bentuk teks maupun video sebagai bahan pembelajaran dan evaluasi.

Luna Oktavia, salah satu siswa peraih skor tryout terbaik asal SMAN 8 Tasikmalaya mengaku ingin masuk jurusan Psikologi Universitas Airlangga. Luna tertarik mengikuti kegiatan Tryout UTBK Nasional agar lebih percaya diri menghadapi SBMPTN 2022 nanti.

“Saya mau melatih mental, memetakan kekurangan diri, dan mematangkan persiapan untuk bisa lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan cara mengikuti kegiatan Tryout UTBK Nasional,” ujar Luna.

Bagi peserta peraih skor terbaik untuk setiap kategori tryout, Quipper memberikan apresiasi hadiah uang tunai senilai total Rp5 juta. Kegiatan Tryout UTBK Nasional ini turut didukung oleh Canon, di mana peraih skor tertinggi tryout juga mendapatkan masing-masing satu buah printer untuk membantu produktivitas dan kreativitas mereka.

Monica Arya Setiawan, selaku Director of Canon Business Unit Strategies, PT. Datascrip pemegang merek Canon di Indonesia mengatakan bahwa Canon sangat mengapresiasi program Try Out UTBK Nasional yang diselenggarakan oleh Quipper untuk membantu para Siswa dalam meraih nilai UTBK terbaik dan PTN yang direncanakan.

“Kami harap program Try Out UTBK Nasional gratis ini dapat terus dilaksanakan secara konsisten dari tahun ke tahun, agar semakin banyak Siswa yang termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh,” kata Monica Arya Setiawan.

Tryout UTBK Nasional gratis dari Quipper akan kembali diadakan pada bulan Maret 2022.

Baca juga: Billy Mambrasar apresiasi peluncuran aplikasi pendidikan EUREKA

Baca juga: e-PINTAR bantu guru-guru Indonesia pada masa pandemi

Baca juga: Edufecta-Educampus percepat tranformasi digital pendidikan tinggi

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021