Sidoarjo (ANTARA) - Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur membuka posko Natal dan tahun baru 2022 selama 19 hari sejak tanggal 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 untuk mendukung program pemerintah dalam pengendalian transportasi serta pencegahan penyebaran COVID-19.

“Sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan mulai hari Jumat tanggal 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, selama 19 hari Bandara Juanda bersama pemangku kepentingan membuka Posko Natal dan tahun baru," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Rabu.

Ia mengatakan, pembukaan posko ini memang bersifat wajib dan rutin diadakan setiap tahunnya dan dilaksanakan demi memantau kelancaran arus pergerakan pesawat, penumpang, dan barang.

Ia mengatakan, posko saat ini hanya dilakukan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dan TNI AL Juanda serta internal PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Juanda.

"Sebelum pandemi COVID-19 untuk posko kami melibatkan semua instansi, namun untuk kali ini hanya KKP dan TNI AL yang posko secara fisiknya di bandara," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, koordinasi dengan instansi lainnya tetap dilakukan terkait operasional selama Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Total petugas yang terlibat adalah sejumlah 185 personil per shift yang terbagi 155 orang internal Bandara Juanda, 15 orang petugas KKP Surabaya dan 15 orang petugas TNI AL Juanda,” tukasnya.

Sementara itu, manajemen Bandar Udara Internasional Juanda juga melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem.

"Sebagaimana prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada bulan Desember hingga Januari akan terjadi hujan cukup sering, maka dari itu Bandar Udara Internasional Juanda melakukan antisipasi terhadap kondisi-kondisi tertentu serta memastikan pengawasan dan pemeliharaan pekerjaan baik di area sisi darat maupun sisi udara," katanya.

Sisyani menambahkan bahwa Bandar Udara Internasional Juanda senantiasa berupaya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 terutama varian baru yaitu Omicron.

"Secara konsisten petugas kami terus mengawasi penerapan penerapan protokol kesehatan dimulai dari jaga jarak penggunaan masker dan penyediaan cairan pembersih tangan di seluruh area terminal bandara. Selain itu, seluruh gerai komersial juga melakukan penerapan protokol kesehatan sesuai SOP sehingga penumpang tidak perlu merasa khawatir apabila berada di bandara. Maka dari itu, tak henti-hentinya kami mengimbau kepada para pengguna jasa bandara agar tertib dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan ketika berada di Bandara Juanda," tukasnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021