Jakarta (ANTARA) - Pada minggu ke-12 Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai menampilkan pameran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) unggul hasil karya penyandang disabilitas di Indonesia, di antaranya batik ciprat yang dibuat menggunakan cipratan cat, sehingga membentuk motif yang indah.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) sekaligus Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi mengatakan kain batik ciprat tersebut kemudian dikreasikan menjadi syal, songkok, dan tas.

“Sebanyak 153 pertunjukan seni dan budaya telah dipertontonkan di panggung Paviliun Indonesia dan sebanyak 575 produk UMKM siap ekspor telah dipamerkan di area pameran,” ujar Didi lewat keterangannya diterima di Jakarta, Selasa.

Selain kain batik ciprat, para pengunjung juga dapat melihat koleksi produk UKM lain, seperti sikat yang terbuat dari limbah sabut dan batok kelapa dari Minahasa Utara, briket arang dari kelapa, dan produk herbal.

“Paviliun Indonesia menghadirkan pameran produk UKM unggul yang berbeda setiap minggunya. Produk tersebut antara lain makanan dan minuman, dekorasi rumah, kerajinan tangan, perhiasan, dan kain tradisional,” ungkap Didi.

Baca juga: Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai menarik ratusan ribu pengunjung

Selain menampilkan produk UKM karya difabel, Paviliun Indonesia di minggu ke-12 juga menghadirkan pencak silat dan kolaborasi Angklung dengan Vietnam yang sukses menarik ratusan pengunjung Expo 2020 Dubai. 

“Pencak silat telah menjadi warisan budaya Indonesia dan meraih popularitas di kancah internasional. Setelah sukses diadaptasi di dalam film Blockbuster seperti Star Wars Episode VII, Fast&Furious, serta John Wick Trilogy, pencak silat pada 2019 juga diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO,” imbuh Didi.

Kolaborasi Paviliun Indonesia dan Paviliun Vietnam dalam menggelar pertunjukan musik juga menarik perhatian pengunjung.

Sama-sama memiliki alat musik yang terbuat dari bambu, kolaborasi Indonesia-Vietnam menyatukan irama melalui kendang dan angklung asal Indonesia serta dan bau dan trung dari Vietnam. 

“Kami senang dapat menyatukan budaya dengan Indonesia melalui pertunjukan musik ini. Kami berharap kegiatan ini dapat mempererat hubungan baik antarnegara dan dapat memperkenalkan lebih jauh kekayaan seni dan budaya negara-negara di ASEAN,” kata Direktur Paviliun Vietnam Trinh Quac Anh.

Baca juga: Kementerian Investasi gali peluang enam sektor prioritas di Expo Dubai

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021