Jakarta (ANTARA) - Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Finnet Indonesia, mendukung transformasi digital dalam transaksi keuangan di Indonesia salah satunya melalui digitalisasi dokumen dengan pemanfaatan e-Meterai.

Direktur Utama Finnet Indonesia Abdul Hadi mengatakan, perseroan telah ditunjuk oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) sebagai distributor resmi e-Meterai di Indonesia setelah berhasil memenuhi persyaratan dan seleksi yang ketat.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan juga para mitra kami. Dalam hal ini khususnya terkait dengan digitalisasi dokumen dengan pemanfaatan e-Meterai untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam transaksi keuangan dan bisnis, kami akan memberikan dukungan penuh," ujar Abdul dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jasa Raharja tingkatkan pelayanan publik dengan transformasi digital

Abdul Hadi juga menyampaikan bahwa Finnet harus masuk ke ekosistem digital agar dapat membantu dunia usaha untuk menangkap peluang pasar yang sangat besar di era ekonomi digital.

Oleh karena itu, lanjutnya, seluruh elemen harus saling mendukung dan berkolaborasi untuk mewujudkan transformasi digital.

"Sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan juga Telkom Group, kita harus bisa berkontribusi dan beradaptasi dalam ekosistem digital," kata Abdul Hadi.

Melalui sinergi antar Finnet dan Peruri dalam mengimplementasikan e-Meterai tersebut, diharapkan semua pihak dapat saling memberikan manfaat dan nilai tambah sesuai dengan kapabilitas masing-masing.

Baca juga: Pemerintah tingkatkan layanan publik lewat integrasi data SPBE

Tentunya diharapkan kerja sama dengan Peruri juga dapat meningkatkan transaksi keuangan digital yang dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Meterai Elektronik atau e-Meterai secara resmi telah diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada 1 Oktober 2021. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 86 Tahun 2021 Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) diberikan amanah untuk mencetak meterai tempel serta membuat dan mendistribusikan e-Meterai.

Terkait dengan pendistribusian e-Meterai Peruri bekerja sama dengan pihak lain agar dapat melayani masyarakat dengan baik serta mempercepat distribusi dan pemanfaatan e-Meterai secara lebih luas di Indonesia.

Direktur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki mengatakan, pihaknya akan berupaya optimal untuk memberikan pelayanan terbaik dalam distribusi meterai elektronik kepada masyarakat.

"Hal tersebut merupakan komitmen kami dalam mendukung Pemerintah untuk menyukseskan program digitalisasi di berbagai aspek khususnya ekonomi digital," ujar Fajar.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021