Jakarta (ANTARA) - Model kendaraan sporty lewat model Gazoo Racing (GR) yang resmi diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia pada awal Agustus 2021 kian diminati pelanggan otomotif di Indonesia.

Mulai dari medium kendaraan sport (SUV) Toyota Fortuner dan Rush, hatchback Toyota Yaris, serta Toyota Raize, dan Toyota varian GR mendominasi penjualan di segmen masing-masing.

"Kami melihat produk GR diminati konsumen, dengan komposisi (penjualan) di atas 70 persen dibandingkan dengan varian non-GR-nya," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Toyota Indonesia bakal kembangkan desain lokal dalam GR Brand

Hingga November 2022 penjualan Toyota Fortuner varian GR mendominasi hingga 83 persen dari total penjualan Fortuner sebanyak 2.839 unit. Sedangkan Toyota Rush varian GR menguasai 99 persen dari total penjualan Rush sebanyak 5.166 unit.

Demikian pula di segmen hatchback Toyota Yaris, varian GR mendominasi hingga 94 persen dan di segmen Raize varian GR berkontribusi 76 persen dari total penjualan sebanyak 3.113 unit, serta di segmen Toyota Agya, varian GR mendominasi sebanyak 84 persen dari total penjualan sebamyak 1.150 unit.

"Jadi tipe-tipe GR ini sangat diminati oleh konsumen Indonesia," ujar Anton.

Sejak diperkenalkan dua tahun lalu deretan varian Toyota GR mulai dari sport car GR Supra hingga Raize GR Sport telah mendapatkan apresiasi besar dari pelanggan di Indonesia.

Bahkan sport car GR Yaris yang tersedia dalam jumlah yang terbatas juga mendapat sambutan positif dari banyak pelanggan.

Baca juga: Agya hingga Veloz, Toyota hadirkan lima model GAZOO Racing

GR Supra merupakan sport car pertama yang dikembangkan secara langsung oleh Toyota Gazoo Racing. Sejak peluncuran perdananya di global pada tahun 2019 lalu, termasuk di Indonesia, GR Supra langsung mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pelanggan di Indonesia.

Penerimaan yang positif dari pelanggan Indonesia GR Supra, kemudian diikuti Toyota Raize GR Sport pada awal 2021 yang juga mendapat antusiasme yang besar dari pelanggan.

Memahami ketertarikan konsumen Indonesia terhadap produk-produk dengan karakter sporty yang kuat, Toyota kemudian perluas pilihan dengan produk-produk yang dibekali dengan DNA motorsport GR yaitu Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited sebelum kemunculan All New Veloz.

Baca juga: Toyota akan meluncurkan GR Supra GT Cup di PlayStation4

Sebagai SUV tangguh yang dikembangkan untuk memberikan kenyaman, Rush GR Sport tidak hanya hadir dengan tampilan eksterior yang lebih sporty, tapi juga dibekali dengan beberapa improvement yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya ketika berkendara.

Sama halnya dengan Rush GR Sport, Fortuner GR Sport tidak hanya bermodalkan tampilan dan desain yang lebih sporty namun juga dibekali dengan sebuah fitur baru. SUV tangguh 7-seater yang dapat diandalkan di segala medan ini kini dilengkapi dengan fitur New Adaptable Auto A/C with Dual Zone.

Demikian pula dengan segmen hatchback Yaris GR Sport dan Agya GR Sport kini tampil dengan aura sporty yang lebih kuat berkat sentuhan desain DNA motorsport dari Toyota Gazoo Racing.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk dapat menghadirkan produk-produk Toyota Gazoo Racing di Indonesia," kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto. 

Baca juga: Aura racing yang kian kuat pada lima model Toyota GR Sport Indonesia

Baca juga: Perjalanan Toyota Gazoo Racing hingga hadir di Indonesia

Baca juga: Empat pebalap TTI buktikan performa Toyota Agya GAZOO Racing
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021