Saya cuma perlu waktu 80 tahun untuk menyelesaikan kuliah.
Portland, Oregon (ANTARA News/Reuters) - Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali! Itu lah yang dialami seorang pria Oregon Amerika Serikat yang berusia 99 tahun dan keluar dari perguruan tinggi selama Great Depression tapi kini meraih gelar sarjana.

"Saya cuma perlu waktu 80 tahun untuk menyelesaikan kuliah," Leo Plass berkelakar dalam satu wawancara dengan Reuters, yang dipantau ANTARA di Jakarta, kamis.

Atas desakan kemenakan pria itu, Eastern Oregon University, yang dulu bernama Eastern Oregon Normal School, memeriksa karya tulis Plass dan menyadari berdasarkan ketentuan yang diperbarui Plass memenuhi syarat untuk meraih gelar setingkat sarjana dalam studi umum.

Plass, yang meninggalkan perguruan tinggi untuk bekerja, telah banyak makan asam garam kehidupan. "Waduh, itu beda!" kata Plass mengenai wisuda 11 Juni.

Kampus La Grand, Oregon, telah berkembang sejak Plass kuliah pada 1930-an.

"Mereka membawa saya keliling kampus dengan naik. Ya ampun, semuanya sudah berubah," katanya.

Warga Redmond, Oregon, itu yang berusia 100 tahun pada 3 Agustus, mengatakan ia tak memiliki rencana untuk terjun ke karir lain dengan gelar barunya.

Ia mengatakan ia tak menyesal karena meninggalkan perguruan tinggi untuk bekerja. "Saya mendapat uang dua kali lebih banyak. Saya benar-benar senang karena melakukannya. Itu benar-benar bagus buat saya."

(Uu.SYS/C/A011/C/A011) (*)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011