Jakarta (ANTARA) - Petugas puskesmas mendeteksi seorang pria asal Pademangan terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron usai menjalani karantina selama 10 hari di Hotel Fraser Residence, Menteng, Jakarta Pusat.

"Setelah beliau selesai karantina, kemudian pulang ke rumah, baru muncul gejala COVID. Beliau periksa dan ternyata COVID, setelah dicek variannya, ternyata Omicron," kata Kepala Satuan Pelaksana UKP Puskesmas Kecamatan Menteng, Jonathan Aditama saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Senin.
​​
Baca juga: 34 warga Tamansari positif COVID-19

Jonathan menuturkan petugas mendeteksi varian baru COVID-19, Omicron di hotel wilayah Menteng dan Cempaka Putih yang dijadikan sebagai tempat karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Usai dinyatakan terpapar Omicron, Jonathan menjelaskan pria tersebut ditangani oleh Puskesmas Kecamatan Pademangan untuk diisolasi di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran.

"Sudah ditangani oleh tim PKC Pademangan, untuk dirujuk ke Wisma Atlet," ujar Jonathan.

Baca juga: Wagub Riza: PTM tanpa kendala meski kasus Omicron naik

Sementara itu, varian Omicron juga terdeteksi di C'One Hotel Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Murni L. Naibaho membenarkan adanya temuan varian Omicron di hotel tersebut. Namun, ia enggan menyebutkan jumlah temuan Omicron.

"Iya, memang ada pelaku-pelaku perjalanan yang sudah terdeteksi, varian Omicronnya sendiri saya tidak punya datanya, karena itu ranah Kementerian (Kesehatan)," tutur Murni.

Fraser Residence Menteng dan C'One Hotel Cempaka Putih termasuk dari 72 hotel di Jakarta yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan sebagai tempat isolasi atau karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Baca juga: DKI tambah kasus harian positif COVID-19 terbanyak capai 259 orang

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022