Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial akan menyiapkan tempat menampung stok bantuan yang disebut lumbung sosial di Kota Jayapura, Provinsi Papua, guna memudahkan pendistribusian bantuan bagi warga yang terkena dampak bencana alam.

"Nanti akan disiapkan lumbung sosial di Jayapura," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam konferensi pers di GOR Waringin, Abepura, Kota Jayapura, Kamis.

Menurut dia, Kementerian Sosial akan menyiapkan lumbung sosial tersebut bersama Pemerintah Kota Jayapura.

Lumbung sosial akan digunakan untuk menyimpan stok bantuan logistik yang disediakan oleh Kementerian Sosial untuk korban bencana.

Risma mengemukakan bahwa bantuan sosial untuk warga yang terdampak banjir dan tanah longsor di Jayapura antara lain dikirim dari gudang Kementerian Sosial di Bekasi, Jawa Barat. Pengiriman bantuan dilakukan dua kali karena jumlahnya banyak.

Kementerian Sosial, menurut dia, menyiapkan lumbung sosial untuk memudahkan pengelolaan dan pendistribusian bantuan pemerintah bagi korban bencana di Kota Jayapura.

Risma mengatakan bahwa lumbung sosial mungkin selanjutnya juga akan disiapkan di Sentani, Kabupaten Jayapura, dan Timika, Kabupaten Mimika.

"Karena aksesnya memang agak sulit," katanya.

Baca juga:
8.628 warga terdampak bencana di Jayapura
Menteri Sosial serahkan bantuan untuk korban banjir di Jayapura

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022