Dampak letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga Hunga Ha'apai

  • Minggu, 16 Januari 2022 12:14 WIB

Citra satelit NOAA GOES-West memperlihatkan letusan gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga yang memicu peringatan tsunami untuk beberapa negara kepulauan Pasifik Selatan, Sabtu (15/1/2022). Letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, sekitar 30 kilometer tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga dan sekitar 65 kilometer utara Nuku'alofa itu berdampak di seluruh Pasifik dan peringatan tsunami dikeluarkan di beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat. ANTARA FOTO/CIRA/NOAA/Handout via REUTERS/rwa.

Gambar Planet SkySat menunjukkan kepulan asap dari gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai beberapa hari sebelum letusannya di Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, Tonga, Jumat (7/1/2022). Letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, sekitar 30 kilometer tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga dan sekitar 65 kilometer utara Nuku'alofa itu berdampak di seluruh Pasifik dan peringatan tsunami dikeluarkan di beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat. ANTARA FOTO/Planet Labs PBC/via REUTERS/rwa.

Gambar Planet SkySat dua jam sebelum letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Tonga, Sabtu (15/1/2022). Letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, sekitar 30 kilometer tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga dan sekitar 65 kilometer utara Nuku'alofa itu berdampak di seluruh Pasifik dan peringatan tsunami dikeluarkan di beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat. ANTARA FOTO/Planet Labs PBC/via REUTERS/rwa.

Seorang pria menggunakan gawainya untuk merekam gelombang dari dermaga kota Seal Beach setelah peringatan tsunami dikeluarkan menyusul letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang berjarak lebih dari 8500 km (sekitar 5300 mil) jauhnya di Seal Beach, California, Amerika Serikat, Sabtu (15/1/2022). Letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, sekitar 30 kilometer tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga dan sekitar 65 kilometer utara Nuku'alofa itu berdampak di seluruh Pasifik dan peringatan tsunami dikeluarkan di beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat. ANTARA FOTO/REUTERS/Bing Guan/rwa.

Orang-orang dievakuasi dari garis pantai Chile setelah peringatan tsunami dikeluarkan menyusul letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di South Pacific, Vina del Mar, Chile, Sabtu (15/1/2022). Letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai, sekitar 30 kilometer tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga dan sekitar 65 kilometer utara Nuku'alofa itu berdampak di seluruh Pasifik dan peringatan tsunami dikeluarkan di beberapa wilayah Selandia Baru, Jepang, dan Amerika Serikat. ANTARA FOTO/REUTERS/Rodrigo Garrido/rwa.

Foto udara menunjukkan perahu terbalik terkena dampak tsunami setelah letusan gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Pasifik Selatan, di Muroto, prefektur Kochi, Jepang, Minggu (16/1/2022). ANTARA FOTO/Kyodo/via REUTERS/rwa.

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait