Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya menggandeng pemerintah daerah untuk bekerja sama meningkatkan herd immunity (kekebalan komunal) anak-anak sekolah dasar (SD) di Madiun.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, kegiatan yang menargetkan sebanyak 1.000 dosis vaksinasi jenis Sinovac, baik untuk dosis pertama dan dosis kedua, ditujukan untuk 26 SD dan madrasah ibtidaiyah, serta taman kanak-kanak (TK) yang melibatkan tenaga kesehatan (nakes) TNI AL sebanyak 30 orang, serta dibantu oleh 10 orang nakes dari Puskesmas setempat.

Selain itu, TNI AL Lantamal V juga mengerahkan Bintara Potensi Maritim (Babinpotmar) serta didukung oleh para prajurit Marinir dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V Surabaya.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan didampingi Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Bupati Kabupaten Madiun Bapak H Ahmad Dawami, serta sejumlah pejabat tinggi TNI AL dan Forkopimda.

Baca juga: "Serbuan Vaksinasi Maritim" digelar TNI-AL di Taman Kota Tolitoli
Baca juga: Monumen alutsista TNI AL di Kabupaten Madiun diresmikan Kasal
Baca juga: Kasal: Monumen TNI AL wahana pembangkit jiwa bahari generasi muda


Kasal berkomitmen untuk menyukseskan program vaksinasi anak-anak dengan cara siap membantu kegiatan vaksinasi di mana pun selama jumlah vaksin tersedia, serta menyiapkan kebutuhan sarana dan prasarana milik TNI AL untuk digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi.

Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi yang diperuntukkan bagi orang dewasa, untuk memudahkan mobilitas anak-anak yang akan melaksanakan vaksinasi ini, TNI AL dan Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun memfasilitasi transportasi antar-jemput di sejumlah titik kecamatan yang ada di Kabupaten Madiun.

Vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak Indonesia merupakan langkah nyata pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok pada generasi yang akan menjadi masa depan bangsa.

Terlebih, saat ini para pelajar telah memasuki proses belajar secara tatap muka sehingga diharapkan setelah mereka memperoleh vaksin, proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik serta aman.

Kegiatan vaksinasi kepada para pelajar SD di kota Madiun sejalan dengan prioritas Kasal, yaitu keberadaan TNI AL harus bermanfaat untuk masyarakat di sekelilingnya.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022