Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tentang potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang pada Selasa.

Berdasarkan informasi rinci yang dikeluarkan BMKG di laman resminya, kondisi hujan disertai angin kencang dan petir akan terjadi di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari.

Baca juga: Stasiun Meteorologi Palu imbau warga sering akses informasi cuaca

Baca juga: Otoritas Pelabuhan Dobo ingatkan kapal laut menunda pelayaran


Secara rinci disebutkan, rentang suhu di Jakarta Utara antara 24 dan 31 derajat Celcius dengan kelembapan terendah 80 persen dan tertinggi 100 persen. Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Seribu angka suhu berkisar 26-30 derajat Celcius disertai tingkat kelembapan 85-90 persen.

Cuaca ekstrim diperkirakan akan terjadi di Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu pada dini hari.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk sebagian Jawa Barat, di antaranya Depok dan Kabupaten Depok, Bogor dan Kabupaten Bogor, serta Bekasi dan Kabupaten Bekasi yang diprediksi terjadi pada siang hingga menjelang malam hari.

Baca juga: Tim gabungan evakuasi warga terdampak banjir16 titik di Makassar

Baca juga: Pemkot Jakbar ingatkan warga dahulukan evakuasi lansia saat banjir


Pada Bogor dan Kabupaten Bogor, rentang suhu dilaporkan antara 21 dan 32 derajat Celcius serta tingkat kelembapan udara 70-95 persen. Lalu untuk Depok, suhunya berkisar 22-32 derajat Celcius dengan kelembapan 65-95 persen.

Peringatan dini juga diturunkan untuk Tangerang dan Kabupaten, Provinsi Banten. Untuk Kabupaten Tangerang, BMKG menyebutkan hujan disertai angin kencang dan petir akan melanda bagian Selatan kawasan ini dengan catatan suhu sekitar 23-31 derajat Celcius dan kelembaban udara 60-95 persen.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022