Bandung (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta kepada para kader Partai Demokrat Jawa Barat (Jabar) untuk tetap menjaga kekompakan, kekeluargaan dan siap dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dengan kekompakan, saya yakin kita bisa mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Pemilu 2024. Dengan kompak dan bersatu kita juga bisa menghadapi segala rintangan. Semua itu harus sudah kita lalui bersama-sama," kata AHY saat memberikan sambutan pada pembukaan Musda Ke-V DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat secara daring, Rabu.

Menurut AHY pada Pemilu 2024 ada Pemilu Presiden dan Legislatif sehingga kader Partai Demokrat Jabar harus mempunyai komitmen bagaimana memenangkan partai ini di Pemilu 2024.

AHY juga berpesan Musda V DPD Partai Demokrat Jawa Barat harus dijadikan sebagai ajang konsolidasi internal partai, khususnya dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Musda jangan terpecah belah, karena setiap orang punya kelebihan dan punya kekurangan, sehingga saling mengisi dan melengkapi. Partai Demokrat sebagai rumah besar berikan contoh kepada rakyat," kata AHY.

Baca juga: Elektabilitas AHY naik, Demokrat: Hasil kerja bantu rakyat

Lebih lanjut AHY menuturkan Partai Demokrat adalah partai yang demokratis beretika sehingga harus menunjukkan sikap yang baik.

Sehingga pelaksanaan Musda V DPD Partai Demokrat Jabar dapat melahirkan gagasan konsep untuk kebesaran partai.

"Kita harapkan Musda V ini dapat melahirkan ide, gagasan dan konsep bagaimana punya visi dan misi membesarkan partai, apalagi menghadapi Pemilu 2024 nanti," kata AHY.

Untuk itu, AHY meminta para kader untuk memenangkan Partai Demokrat di Jawa Barat di kontestasi Pemilu 2024.

"Jawa Barat sebagai partai pemenang. Musda ke-V ini harus menjadi momentum agar Demokrat semakin solid dan siap memiliki kekuatan mencapai target politik kita," katanya.

"Berbicara partai politik, bahwa Partai Demokrat untuk memperjuangkan harapan rakyat. Kita gelorakan Partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat, dengan aksi nyata. Salah satu contoh awal masa pandemi COVID-19 gerakan peduli Corona, turun langsung ke masyarakat memberikan bantuan," jelasnya.

Sementara itu Ketua SC Musda Ke-V DPD Partai Demokrat Jawa Barat Asep Wahyuwijaya mengatakan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Ke-V tersebut dilaksanakan dari tanggal 18 hingga 19 Januari 2022 di Hotel Grand Preanger Kota Bandung.

"Jadi Musda V ini digelar dalam rangka untuk melaksanakan konsolidasi di tingkat daerah, khususnya jelang menghadapi Pemilu 2024," kata Ketua SC Musda V DPD Partai Demokrat Jawa Barat Asep Wahyuwijaya, kepada wartawan di Bandung, Rabu.

Setelah pelaksanaan Musda V, kata Asep, agenda selanjutnya ialah melaksanakan musyawarah cabang di tingkat DPC untuk kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan musyawarah di tingkat pengurus ranting.

Baca juga: AHY: Demokrat komit perjuangkan perpanjangan dana otsus Aceh

Menurut Asep pelaksanaan musda tersebut berdasarkan pada Surat Pemberitahuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Nomor : 01/BPOKK/DPP-PD/I/2022 tentang pemberitahuan pelaksanaan Musda Provinsi Jawa Barat, tanggal 14 Januari 2022.

"Sebagaimana dimaksudkan dalam surat tersebut sebagai upaya menyukseskan konsolidasi organisasi internal Partai Demokrat," kata dia.

Menurut dia prinsip dasar pelaksanaan musda tersebut yaitu pertama sebagai momentum konsolidasi untuk memperkuat dan menyolidkan struktur kepartaian dalam menghadapi momentum politik ke depan.

Kedua ialah sebagai harmonisasi ide serta gagasan para kader dalam menghadapi tantangan serta arah pembangunan partai yang nantinya tertuang dalam program kerja.

"Dan yang ketiga ialah sebagai ajang rekonsiliasi dalam menyatukan perbedaan pandangan yang ada. Sehingga ketiga aspek itulah yang membedakan dengan Musda-musda sebelumnya," kata dia.

Asep mengatakan agenda tersebut juga menjadi forum musyawarah yang bersifat strategis dalam menentukan arah kebijakan partai ke depan dan menjadi ajang konsolidasi secara formal yang merupakan bagian dari hasil refleksi dan kontemplasi fungsionaris dan kader Partai Demokrat

"Yang semuanya ditujukan sebagai upaya meningkatkan capaian yang sudah ada serta memperbaiki dan mengevaluasi segala kekurangan untuk mewujudkan tujuan dan harapan sesuai dengan visi dan misi Partai Demokrat kedepanya," kata dia.

Pihaknya berharap pelaksanaan Musda V DPD Partai Demokrat Jawa Barat berjalan lancar.

"Mudah-mudahan penyelenggaraan musda ini berjalan lancar, demokratis, bermartabat juga membawa kebaikan, keberkahan dan kemajuan untuk Partai Demokrat dan seluruh masyarakat Jawa Barat " ujarnya.

Hingga saat ini ada dua nama yang akan ikut pemilihan Ketua DPD Partai Dmeokrat Provinsi Jawa Barat, yakni sosok petahana Ketua DPD Jawa Barat Irfan Suryanagara dan anggota DPR RI Anton Suratto.

Baca juga: AHY minta kader Demokrat jaga soliditas dalam hadapi Pemilu 2024
Baca juga: AHY ajak DPD RI bersinergi untuk perjuangkan aspirasi rakyat

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022