keberadaan guru besar memberikan semangat baru
Jakarta (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kemendikbudristek Dr Ir Paristiyanti Nurwardani MP mengatakan keberadaan guru besar menjadi salah satu faktor yang menentukan tingginya kualitas suatu kampus.

“Selain akreditasi, fasilitas, berbagai inovasi dan prestasi, keberadaan guru besar juga menjadi faktor tingginya kualitas sebuah perguruan tinggi,” ujar Paris dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan tinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada dosen yang sudah memenuhi persyaratan akademik dan non-akademik.

“Keberadaan guru besar memberikan semangat baru bagi sivitas akademika dan dunia pendidikan tinggi, baik dalam peningkatan mutu pembelajaran, penelitian dan publikasi, maupun dalam pengabdian kepada masyarakat,” imbuh Paris.

Baca juga: Rektor : Universitas Lambung Mangkurat menuju 100 guru besar
Baca juga: UPH kukuhkan Sabrina Sihombing sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen

Pencapaian seorang dosen hingga ke jenjang profesor, sambung dia, tidaklah mudah dan melalui perjalanan yang panjang dan memerlukan komitmen dan integritas yang kuat untuk mewujudkannya.

Oleh. karena itu, guru besar juga harus senantiasa membagi ilmu kepada generasi muda, sekaligus memberi kontribusi untuk Indonesia dengan menghasilkan karya-karya ilmiah yang berdampak dari bidang keilmuan yang ditekuninya.

Hal itu disampaikan Paris dalam pengukuhan guru besar Universitas Pelita Harapan bidang Ilmu Manajemen Prof Dr Sabrina Oktaria Sihombing SE MBus, Rabu (19/1).

Paris berharap dengan adanya tambahan profesor baru, maka akan menjadi nyawa dan pelita harapan percepatan transformasi pendidikan tinggi yang fokus pada implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka bagi LLDikti Wilayah III.

Pengukuhan Prof Sabrina, sambung dia, akan menginspirasi LLDikti Wilayah III dalam menjalankan tugas dan fungsi serta lebih memfasilitasi penilaian angka kredit pendidik dan tenaga kependidikan perguruan tinggi sesuai dengan amanat dalam Permendikbudristek Nomor 35 Tahun 2021.

Baca juga: UNJ pecahkan rekor MURI pengukuhan guru besar terbanyak
Baca juga: Tiga guru besar IPB University sampaikan orasi ilmiah

Dalam orasi ilmiahnya, Sabrina mengatakan pentingnya memahami nilai-nilai pribadi yang dapat mempengaruhi perilaku individu untuk mencapai manajemen berkelanjutan.

“Manajemen berkaitan dengan orang-orang yang melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian, dalam manajemen perlu pemahaman yang baik akan faktor-faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi perilaku individual.” papar Prof. Sabrina.

Seiring dengan dikukuhkannya Prof. Sabrina, maka jumlah profesor di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Kemendikbudristek menjadi 291 orang.

Baca juga: UMS tambah guru besar menuju universitas kelas dunia 2025
Baca juga: UNS tambah empat guru besar jelang akhir tahun

Baca juga: UPH kukuhkan Guru Besar Ilmu Bedah Saraf

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022