Karawang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melaporkan lebih dari 100 rumah rusak akibat bencana angin puting beliung selama beberapa pekan terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Karawang Yasin Nasrudin, di Karawang, Jumat, mengatakan bencana angin puting tersebut di antaranya terjadi di Kecamatan Tempuran, Lemahabang, Batujaya, Tirtajaya, Telukjambe dan Kecamatan Ciampel.

Ia menyatakan selama beberapa pekan terakhir hujan yang disertai angin kencang seringkali terjadi di sejumlah daerah sekitar Karawang.

Sesuai dengan pendataan yang telah dilakukan, bencana angin puting beliung yang terjadi selama beberapa pekan terakhir itu mengakibatkan lebih dari 100 unit rumah rusak.

Baca juga: Puluhan rumah rusak di Karawang disapu angin puting beliung

Baca juga: Bangunan sekolah Karawang ambruk dihempas angin kencang


Yasin mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi rumah-rumah yang rusak itu, untuk selanjutnya diberikan bantuan dana stimulan.

"Kita sedang memverifikasi, untuk mengajukan bantuan dana stimulan bagi mereka rumahnya rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan akibat angin puting beliung," kata dia.

Nominal dana stimulan tersebut tergantung dengan tingkat kerusakan rumah yang terdampak angin puting beliung.

Untuk rumah yang rusak ringan akan mendapatkan stimulan Rp1.500.000, rusak sedang Rp2.500.000, dan rusak berat Rp 3.500.000.*

Baca juga: Atap gedung serbaguna Kampung Budaya Karawang ambruk

Baca juga: Atap gedung paripurna DPRD Karawang ambruk

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022