Jakarta (ANTARA News) - Tim gabungan yang menjemput Muhammad Nazaruddin, tersangka kasus suap pembangunan wisma atlet SEA Games, sudah meninggalkan Bogota, Kolumbia sejak pukul 06.00 WIB dan diperkirakan akan tiba di Indonesia paling telat Sabtu sore (13/8).

"Pimpinan (KPK) tadi bilang mereka (tim gabungan bersama Nazaruddin) berangkat dari Bogota pagi, sekitar pukul 06.00 WIB," kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Menurut Johan, pesawat yang membawa mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut akan melakukan transit paling tidak di dua negara.

Karena itu, lanjutnya, dengan lama penerbangan antara 30 hingga 36 jam diperkirakan Nazaruddin akan tiba di Jakarta pada hari Sabtu (13/8), antara pukul 12.00-18.00 WIB.

Terkait kabar permintaan Nazaruddin untuk transit di Malaysia, ia mengatakan tidak mengetahui adanya informasi tersebut.

"Kita belum tahu soal itu," ujar dia.

Saat ditanya apakah penyidik akan langsung melakukan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan penerima suap untuk proyek pembangunan wisma atlet Sea Games Palembang tersebut di KPK, ia mengatakan belum mengetahui rencana pasti itu.

Ia pun belum mendapat rencana akan dibawa atau ditahan di mana M Nazaruddin sesampainya di Tanah Air.

Nazaruddin telah diterbangkan ke Indonesia dengan pesawat carter dan dikawal oleh tim gabungan KPK, Polri, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Luar Negeri.

(V002/Z002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011