Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan dua ambulans udara berupa helikopter dan 300 unit mobil ambulans yang disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan bencana alam untuk para pemudik.

"Kami nyatakan bahwa PMI siap menjalankan tugas kemanusiaan di saat masyarakat sedang berlibur mudik untuk bertemu sanak saudara," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat apel siaga PMI lebaran di Lapangan Monas Jakarta, Kamis.

Bagi PMI, lanjutnya, menjaga keselamatan merupakan tantangan dan tugas yang mulia dan pihaknya telah siap untuk membantu para masyarakat yang membutuhkan. 

Ketua Pengurus Bidang Kesehatan dan Donor Darah Markas Pusat PMI Farid Husain, mengatakan dua unit ambulans udara akan dikhususkan untuk pelayanan di jalan tol.

Ambulans darat berupa helikopter akan melayani empat rute jalan tol, yaitu Jakarta-Merak, Jakarta-Cikampek, Jakarta-CIawi (Bogor), serta Jakarta-Cilenyi (Bandung).

Melalui ambulans udara, pasien dan korban kecelakaan yang membutuhkan akan dirujuk ke RS Eltaham Karawang dan RS Gatot Subroto Jakarta.

Sementara untuk 300 unit mobil ambulans, katanya, PMI juga akan menyiapkan 350 pos pertolongan pertama dan akan ditempatkan di sejumlah ruas strategis dan rawan di Jawa, Sumatra, dan Bali. (A025)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011