Pasien RSKI Galang yang tersisa, semuanya PMI
Tanjungpinang (ANTARA) - Satgas Khusus Penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) menyampaikan jumlah pasien COVID-19 di RSKI Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) tersisa sebanyak 145 orang, hingga Sabtu (26/3).

Komandan Satgas Khusus PMI Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu menyampaikan terdapat penambahan satu pasien masuk ke RSKI Galang sehari sebelumnya, Jumat (25/3), namun pasien yang diizinkan keluar belum ada.

"Secara umum kondisi RSKI Galang dalam keadaan aman dan terkendali, tanpa adanya hal-hal menonjol lainnya," kata Brigjen Jimmy di Tanjungpinang.

Dengan jumlah pasien yang ada saat ini, maka okupansi/kepadatan di RSKI Galang tercatat dapat sebesar 31,52 persen dari total 460 tempat tidur. Okupansi tersebut turun jika dibandingkan 2 hari lalu, yaitu sebesar 34,78 persen.

"Pasien RSKI Galang yang tersisa, semuanya PMI," ujarnya.

Baca juga: 219 pekerja migran Indonesia positif COVID-19 dirawat di RSKI Galang
Baca juga: Kasatgas COVID-19 minta Batam-Bintan antisipasi usai karantina dihapus

Jimmy mengimbau seluruh elemen masyarakat terus disiplin protokol kesehatan seiring perkembangan baik terkait penurunan kasus COVID-19 dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi penguat agar segera mencapai target 30 persen di seluruh wilayah Kepri.

Hal ini, menurutnya, juga berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam menyambut mudik lebaran melalui Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 11/2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi COVID-19, di mana masyarakat yang telah melaksanakan vaksin penguat tidak lagi memerlukan persyaratan surat negatif tes usap antigen maupun PCR.

"Salah satu syarat masyarakat mau mudik, ialah wajib sudah vaksin penguat," ucapnya

Komandan Korem 033/Wira Pratama itu pun menyampaikan pihaknya melalui tim vaksin Gurindam 12 yang bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri akan kembali menggelar vaksinasi penguat di Kafe Puas Hati dan One Mal Kota Batam, Minggu (27/3).

"Masyarakat yang belum melaksanakan vaksin penguat dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut," demikian Jimmy.

Baca juga: Tingkat kesembuhan dari COVID-19 di Batam 95,93 persen
Baca juga: Pulang dari Malaysia-Singapura, 249 pekerja migran positif COVID-19


 

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022