Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Satlantas Polres Metro Bekasi menyiapkan setidaknya 13 pos pengamanan atau pospam selama periode mudik Lebaran 1443 Hijriah/2022 Masehi di wilayah hukum Kabupaten Bekasi.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi Komisaris Polisi Arga Dija Putra mengatakan dari 13 pos itu, 11 pos di antaranya berupa pos pengamanan sedangkan dua lainnya merupakan pos pelayanan.

"Kalau pos pengamanan sifatnya hanya pemantauan arus mudik saja," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Titik kemacetan jalur mudik Lebaran 2022 di Jabar mulai dipetakan

Arga menjelaskan dari total 13 pos, delapan di antaranya akan ditempatkan di jalur favorit pemudik yakni sepanjang Jalan Raya Pantura. Dua dari delapan pos itu merupakan pos pelayanan.

"Jadi khusus di pos pelayanan nanti kami akan menyediakan gerai vaksin dosis booster," ucapnya.

Pos pelayanan memfasilitasi masyarakat yang belum menerima vaksinasi. Di lokasi itu petugas juga akan melakukan sampling acak sehingga pemudik yang belum tervaksinasi bisa langsung menuju gerai yang telah disediakan.

Sebanyak tiga pos ditempatkan di area istirahat Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan dua pos lain di sepanjang Jalan Saluran Inspeksi Kalimalang.

Selain melakukan pemantauan, kepolisian juga akan memberlakukan rekayasa mana kala lalu lintas tersendat namun Arga memastikan rekayasa tersebut bukanlah penyekatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Tidak ada penyekatan namun nanti situasional. Kalau nanti situasinya macet akan dilakukan contra flow," kata dia.

Baca juga: Anggota Komisi V DPR RI cek kesiapan pelayanan mudik di Solo
Baca juga: Pengamat ingatkan harus ada pengaturan soal kebijakan 'one way'
Baca juga: Kementerian PUPR pastikan kesiapan jalan tol dan nasional jelang mudik

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022