PBB: Bantuan kemanusiaan jangkau 6,4 juta orang di Ukraina

PBB: Bantuan kemanusiaan jangkau 6,4 juta orang di Ukraina

   Bantuan tunai telah diberikan bagi 655.000 lebih orang, sehingga mereka dapat memenuhi beberapa kebutuhan paling mendasar, kata OCHA.

PBB (ANTARA) - Bantuan kemanusiaan esensial telah menjangkau lebih dari 6,4 juta orang di Ukraina sejak konflik militer negara tersebut dengan Rusia meletus pada 24 Februari, seperti disampaikan badan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat (13/5).

Jumlah ini termasuk lebih dari 5,7 juta orang yang kini dapat menyediakan makanan di rumah mereka. Bantuan tunai juga telah diberikan bagi 655.000 lebih orang, sehingga mereka dapat memenuhi beberapa kebutuhan paling mendasar, kata Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs/OCHA) PBB.

Lebih dari 1,5 juta orang telah menerima dukungan perawatan kesehatan, dan sekitar 352.000 orang memperoleh air bersih dan produk kebersihan. Hampir 430.000 orang menerima layanan perlindungan, dukungan psikososial, serta layanan hukum penting, termasuk dukungan bagi pengungsi internal, lanjut OCHA.

Terlepas dari peningkatan yang luar biasa ini, masih banyak orang yang sangat membutuhkan dukungan, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah yang mengalami pertempuran sengit. PBB mendesak pihak-pihak yang berkonflik agar menyingkirkan halangan apa pun untuk pergerakan staf kemanusiaan demi memastikan pengiriman bantuan penyelamatan jiwa yang berkelanjutan di seluruh Ukraina, kata badan PBB itu. 
 
Pewarta : Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022