Ratusan ribu pengungsi Ukraina terdaftar di Jerman

Ratusan ribu pengungsi Ukraina terdaftar di Jerman

Seorang anak Ukraina ikut mengantre setelah tiba di Jerman dengan pesawat pengungsi pertama dari Moldova, setelah melarikan diri dari invasi Rusia ke Ukraina, di bandara internasional Frankfurt, Jerman, 25 Maret 2022. ANTARA/Boris Roessler/Pool via Reuters/as.

Berlin (ANTARA) - Sebanyak 700 ribu lebih pengungsi asal Ukraina tercatat di Jerman hingga kini, menurut laporan surat kabar Welt am Sonntag pada Sabtu, mengutip data Kementerian Dalam Negeri.

Sejak awal perang pada 24 Februari hingga 11 Mei, basis data Central Register of Foreigners (AZR) Jerman mencatat sebanyak 727.205 orang, 93 persen di antaranya adalah warga negara Ukraina, menurut Welt.

Pengungsi dengan jumlah yang signifikan kemungkinan sudah mengunjungi negara-negara Uni Eropa lainnya atau kembali ke Ukraina, katanya.

Sekitar 40 persen dari pengungsi Ukraina adalah anak di bawah umur dan 81 persen dari daftar pengungsi orang dewasa adalah perempuan, tulis surat kabar itu.

Invasi Rusia memicu eksodus besar-besaran, termasuk lebih dari 8 juta warga Ukraina, menurut laporan terkini Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Jumlah orang yang telah menyelamatkan diri dari Ukraina mencapai 6 juta dalam krisis pengungsi terparah di Eropa sejak akhir Perang Dunia II, kata badan pengungsi PBB pada Kamis.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia setop pasokan, aliran gas Jerman ke Polandia meningkat
Baca juga: Produsen senjata Jerman tawari Ukraina howitzer
Baca juga: Kanselir Jerman: Kematian warga sipil di Ukraina kejahatan perang

Rusia rilis video evakuasi warga dari pabrik baja Azovstal

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022