Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, bersama Atase Pertahanan Australia, Brigadier General Matthew Campbell, membahas rencana latihan bersama antara TNI dan Australian Defence Force terkait bencana alam.

"Latihan dalam merespons bencana alam menjadi salah satu hal yang penting," kata Perkasa dipantau dari kanal YouTube di Jakarta, Rabu.

Ia menyambut baik rencana kerja sama tersebut apalagi menyangkut penanganan bencana alam di Tanah Air. "Hal tersebut juga untuk terus meningkatkan kemampuan penanggulangan bencana alam di Indonesia," kata dia.

Rencana latihan bersama antara TNI dengan Australian Defence Force itu diberi nama Crocodile Response dan melibatkan tiga matra.

Terkait rencana kerja sama tersebut, Australia telah menyiapkan sejumlah skenario di lapangan. Sementara, Indonesia khususnya TNI diminta menyimulasikan penanganan bencana alam oleh ketiga matra TNI.

Sementara itu, Campbell mengatakan beberapa skenario telah disiapkan. Misalnya bagaimana terbang di area atau teritorial yang telah ditandai. Kemudian hal tersebut disimulasikan oleh ketiga matra dari pihak TNI dan juga Australian Defence Force.

Skenario lain, Angkatan Laut akan fokus pada pelabuhan dan Angkatan Udara fokus di landasan pacu pangkalan udara untuk memungkinkan menggelar kekuatan.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022