Jakarta (ANTARA News) - Vietnam meminta bantuan Indonesia untuk melatih sumber daya manusia (SDM) yang bergerak di pariwisatanya agar mampu membangun citra pariwisata sekelas Bali di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam Vu Huy Hoang di Jakarta, Selasa, ketika melakukan pertemuan "Joint Commission on Economic, Scientific and Technical Cooperation" (JC-ESTC) ke-6 antara Indonesia dan Viet Nam.

Menteri Perdagangan RI, Gita Wiryawan yang mewakili Indonesia menyatakan siap membantu Vietnam dan akan memperkuat kerja sama dua negara.

"Di bidang pariwisata, kami sudah sepakat untuk terus mengembangkan sektor pariwisata di kedua negara," katanya.

Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam secara khusus juga menyampaikan keinginannya agar Indonesia dapat membantu Vietnam membangun sektor pariwisatanya dengan menyediakan tenaga ahli di bidang industri pariwisata.

Hoang menyatakan, Vietnam memandang Indonesia telah berhasil membangun sektor pariwisatanya, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata turis-turis dari seluruh dunia, terutama destinasi wisata Bali yang sudah sangat populer.

Kedatangan Hoang ke Indonesia, tidak hanya membahas soal pariwisata, namun juga sektor-sektor lain yang diharapkan mampu memperkuat kerja sama dua negara; baik Vietnam maupun Indonesia.

Pada pertemuan ke-6 itu, kedua negara membahas antara lain mengenai upaya penyelesaian hambatan-hambatan arus perdagangan di antara kedua negara, termasuk "trade remedies" (anti-dumping dan safeguards) serta perkembangan kerja sama di 13 sektor antara lain Investasi, ESDM, Pertanian, Perikanan, Tranportasi, Pariwisata, Industri, dan Konstruksi.

Kementerian Perdagangan Ri mencatat pertumbuhan total perdagangan kedua negara tumbuh positif dengan tren sebesar 18 persen selama periode 2007-2011, dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam tiga tahun terakhir yakni dari 2,11 miliar dolar AS pada 2009 menjadi 4,7 miliar dolar pada 2011.

(H016/C004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012