Dua WN Inggris tewas di Ukraina dalam aksi kemanusiaan

Dua WN Inggris tewas di Ukraina dalam aksi kemanusiaan

Prajurit Ukraina menembakkan 130 mm towed field gun M-46 di garis depan, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, dekat Soledar, wilayah Donetsk, Ukraina, dalam gambar yang dirilis (10/11/2022). ANTARA FOTO/Iryna Rybakova/Press Service of the 93rd Independent Kholodnyi Yar Mechanized Brigade of the Ukrainian Armed Forces/Handout via REUTERS/aww.

London (ANTARA) - Dua warga negara (WN) Inggris yang dilaporkan hilang pada 6 Januari lalu di wilayah timur Ukraina, ditemukan tewas, menurut Kementerian Luar Negeri Inggris pada Selasa.

Christopher Parry (28 tahun) dan Andrew Bagshaw (48 tahun) dilaporkan hilang pada 6 Januari dekat kota Soledar saat membantu warga setempat pindah ke tempat aman di tengah perang Ukraina dengan Rusia.

Melalui pernyataan yang dikeluarkan oleh Kemlu Inggris, keluarga Parry mengabarkan tewasnya kedua pria tersebut saat “melakukan evakuasi kemanusiaan” dari wilayah terdampak.

Baca juga: Inggris panggil dubes Rusia terkait kematian warganya di Donetsk

“Dengan penuh kesedihan kami mengabarkan bahwa saudara terkasih kami Chrissy (Christopher) tewas bersama dengan rekannya Andrew Bagshaw saat berusaha melakukan evakuasi kemanusiaan dari Soledar, wilayah timur Ukraina,” ungkap Rob, Christine dan Katy Parry dalam pernyataan yang dikutip BBC.

Soledar merupakan kota kecil di bagian timur daerah Bakhmut, di mana pasukan Ukraina terlibat dalam perang sengit dengan pasukan Rusia dan kelompok tentara bayaran Wagner.

Pada awal Januari, Wagner mengatakan telah menemukan salah satu jasad dari dua warga Inggris tersebut.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Lebih dari 100.000 warga Ukraina tiba di Inggris

Baca juga: Warga Inggris akan dibayar 350 paun jika tampung pengungsi Ukraina
Pewarta : Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023