Tianjin (ANTARA) - Pelabuhan Tianjin di China utara menangani lebih dari 1,73 juta TEU (twenty-foot equivalent unit) peti kemas pada Januari tahun ini, naik 7,2 persen secara tahunan (year on year/yoy), demikian diungkapkan oleh pihak operator pelabuhan tersebut pada Senin (6/2).

Pelabuhan Tianjin mencatat throughput kargo yang mendekati angka 40 juta ton pada Januari, menurut Tianjin Port (Group) Co., Ltd.

Saat liburan Festival Musim Semi selama sepekan tahun ini, yang dimulai pada 21 Januari, Pelabuhan Tianjin merumuskan rencana khusus untuk periode perjalanan kapal yang sibuk, dengan jumlah kapal yang beroperasi meningkat 11,2 persen (yoy) pada periode tersebut.

Pelabuhan Tianjin, yang berlokasi di pesisir Laut Bohai, merupakan titik pelayaran penting untuk area Beijing-Tianjin-Hebei.

Pada 2022, rute pengiriman peti kemas Pelabuhan Tianjin meningkat menjadi 140. Throughput peti kemas pelabuhan itu melampaui 21 juta TEU pada 2022 dan diperkirakan akan mencapai 21,8 juta TEU pada 2023, demikian Xinhua.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023