New York City (ANTARA) - Optimisme terhadap saham China diperkirakan melonjak ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir terindikasi dari uang yang mengalir ke saham-saham di China Daratan dan Hong Kong dengan cara yang tidak pernah terlihat sejak 2018.

Hal itu menjadi cerminan positif dari lingkungan makro di China, demikian dilaporkan CNBC pada Minggu (5/2), mengutip firma riset EPFR Global.

Para pengelola dana asing aktif menanamkan 1,39 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.055) ke saham-saham di China Daratan dalam empat pekan yang berakhir pada 25 Januari 2023, sebagaimana data EPFR.

Arus masuk dana aktif ke saham-saham di Hong Kong bahkan lebih besar selama periode tersebut, yakni senilai 2,16 miliar dolar AS, menurut data itu.

Para pengelola dana aktif lebih terlibat dalam memilih investasi portofolio, sementara pengelola dana pasif cenderung mengikuti indeks saham.

"Para pengelola (dana) aktif belum pernah sepositif ini terhadap pasar China dalam lima tahun terakhir," ujar Steven Shen, manajer strategi kuantitatif di EPFR, seperti dikutip CNBC. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023