Tahun ini ada 5.000 desa yang akan direplikasi gerakan untuk menanam tanaman di pekarangan, untuk kebutuhan sehari-hari,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun ini menargetkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dapat dilaksanakan di 5.000 desa seluruh Indonesia.

Menteri Pertanian, Suswono di Jakarta, Jumat mengatakan, program KRPL yakni memanfaatkan pekarangan rumah sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan khususnya pada skala rumah tangga.

"Tahun ini ada 5.000 desa yang akan direplikasi gerakan untuk menanam tanaman di pekarangan, untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Menurut Mentan, beberapa jenis tanaman sayuran yang bisa tanam di sekitar pekarangan rumah adalah, cabai, tomat, pare, terong dan lain-lain. "Tanaman ini bisa tahunan, jadi bisa pemanfaatannya cukup lama," katanya.

Metode penanamam KRPL, tambahnya, adalah dengan menggunakan poly bag, selain tidak membutuhkan lahan yang luas perawatannya juga lebih mudah. Mengingat harga cabai rawit merah yang sedang tinggi, Suswono juga meminta masyarakat lebih banyak menanam tanaman cabai.

Mentan Suswono mnambahkan, jika masyarakat disiplin menanam dan merawat sayuran di pekarangan rumahnya, maka program KRPL bisa langsung dirasakan manfaatnya selain itu program ini bisa juga diterapkan di lahan pekarangan yang sempit sehingga setiap rumah tangga bisa menerapkannya.

Dikatakannya, saat ini pemerintah telah membuat kebijakan bahwa setiap kabupaten harus ada satu desa model.

"Pemerintah sudah mewajibkan bahwa setiap kabupaten harus memiliki 1 desa model. Diharapkan 2013 sudah ada replikasi 5000-an desa model," kata Suswono.

Sementara itu Kepala Badan Litbang Pertanian Haryono menyatakan, pengembangan pangan di tingkat rumah tangga 1-5 tahun ke depan dalam satu kawasan bisa dusun atau desa, akan sungguh-sungguh menjadi realisasi gerakan ketahanan pangan di masyarakat.

Ia mengungkapkan, pengembangan KRPL di Pacitan Jawa Timur telah memberikan manfaat yang signifikan, pendapatan dan pengeluaran warga dapat ditekan Rp195.000 - Rp700.000 tiap bulannya per Kepala Keluarga (KK).

"Kita harus serentak menggerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh Provinsi atau Kabupaten, KRPL sudah harus diterapkan terutama pada tanaman-tanaman, ternak, unggas, ikan yang dibutuhkan sehari-harinya oleh masyarakat," katanya.

Menurut Haryono, pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari juga bersifat spesifik lokasi, contohnya di Jawa Barat spesifikasi Rumah Pangan Lestarinya adalah sayuran.

"Menjadi tugas BPTP, yang harus mengarahkan lokasi mana yang lebih kuat komoditasnya di setiap masing-masing Kabupaten atau Provinsi," katanya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013