Denpasar (ANTARA News) - Pelabuhan Padangbai di Kabupaten Karangasem, Bali, terpantau lengang pada H-1 jelang Lebaran karena sebagian besar pemudik telah menyeberang ke Pulau Lombok yang mencapai puncaknya pada Senin (5/8) malam.

"Meskipun terpantau lengang namun kami akan tetap siaga mengantisipasi apabila ada pemudik yang menyeberang ke Lembar," kata kata Arsil selaku Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, dihubungi dari Denpasar, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa untuk pelayanan penyeberangan sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, pihaknya tetap menyiagakan 16 unit kapal "roll off roll on" (roro) dan empat kapal cadangan untuk melayani penyeberangan Bali-Lombok itu.

"Kami tetap siagakan 16 kapal tetapi hingga siang ini belum ada pergerakan karena masih sepi," ucapnya.

Data terakhir dari posko angkutan penyeberangan Lebaran 2013 di Pelabuhan Padangbai menunjukkan bahwa pada H-2 Lebaran jumlah penumpang yang menyeberang ke Pelabuhan Lembar hingga pukul 08.00 Wita Rabu (7/8) mencapai 6.254 orang.

Sedangkan kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 1.720 unit dan roda empat mencapai 394 unit.

Sementara itu terkait cuaca di Selat Lombok, Arsil menjelaskan bahwa cukup cerah dengan kecepatan angin di bawah 10 knots dan dengan ketingian gelombang laut di bawah 1 meter.

Selain tetap menyiapkan armada kapal, pihaknya juga masih menyiagakan pos pelayanan dan pengamanan dari beberapa instansi terkait di antaranya TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, hingga Tim SAR.

Sejak H-7 (1/8) hingga pukul 08.00 Wita pada H-1 Lebaran, total jumlah penumpang yang telah menyeberang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat sudah mencapai 33.689 orang dengan kendaraan roda dua mencapai 8.725 unit dan roda empat mencapai 3.069 orang.

Pewarta: Dewa K Sudiarta Wiguna
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013