Jakarta (ANTARA News) - Republik Rakyat Tiongkok berkomitmen akan meningkatkan nilai investasinya di Indonesia karena hubungan kedua negara yang sangat baik serta bisa saling memberi harapan dan keuntungan ekonomi, kata Ketua DPR RI Marzuki Alie mengenai pertemuannya dengan Duta Besar Tiongkok yang baru untuk Indonesia Xie Feng

"Saya sampaikan hubungan dengan Tiongkok pada posisi yang sangat baik. Tidak ada hal-hal khusus yang mengganggu hubungan antara Indonesia dengan Tiongkok, baik dalam hubungan antarpemerintah, parlemen, maupun antar-rakyat Indonesia dan Tiongkok," kata Marzuki mengenai pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Ketua DPR, seperti dikutip dari laman DPR, Selasa.

Pemerintah Tiongkok seperti disampaikan Xie Feng, sangat berminat untuk berinvestasi di Indonesia sebagai bagian dari penguatan hubungan kedua negara. "Tiongkok sudah menyampaikan bahwa ada keinginan untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Meningkatnya investasi ini dapat mendorong ekspor Indonesia ke Tiongkok. Dengan demikian akan mengurangi defisit perdagangan antara Indonesia dengan Tiongkok," jelas Marzuki.

Kerja sama di bidang investasi ini diharapkan bisa saling memberi nilai tambah, baik untuk produk dagang maupun bagi sumber daya yang selama ini belum dikelola dengan maksimal.

Dalam kesempatan tersebut, dibicarakan pula tentang kerja sama di bidang olahraga terutama tenis meja. Seperti diketahui, Tiongkok sangat merajai di cabang olahraga yang satu ini.

Marzuki berharap, Tiongkok bisa mendatangkan pelatih profesionalnya ke Indonesia untuk memajukan cabang tenis meja. Secara kebetulan, Marzuki adalah Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Indonesia. Sebaliknya, bagi para atlet tenis meja Indonesia bisa diberi kesempatan belajar ke Tiongkok.

"Kita berharap ada pelatih dari Tiongkok untuk hadir ke Indonesia memberikan pelatihan kepada para pelatih Indonesia. Dan kepada para atlet diberikan kesempatan untuk latihan di Tiongkok. Mudah-mudahan dari kerja sama ini akan meningkatkan prestasi atlet tenis meja Indonesia di masa yang akan datang," harap Marzuki.


Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014