Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi optimisitis Kontingen Indonesia mampu memenuhi target yang dibebankan pada Asian Beach Games (ABG) 2014 di Phuket, Thailand, 14-23 November.

Kontingen Indonesia pada kejuaraan yang dibuka oleh mantan Perdana Menteri Thailand, Surayud Chulanon, yang sekarang menjadi Dewan Raja dan mewakili raja Thailand, Bhumibol Adulyadej ditargetkan minimal meraih tujuh medali emas.

"Saya sudah bertemu mereka, dan saya bangga dan puas melihat kesiapan atlet Indonesia. Mereka nampak bahagia, mudah-mudahan itu pertanda baik," kata Imam Nahrawi seperti yang dilansir tim media Kemenpora, Jumat malam.

Menurut dia, persiapan untuk menghadapi kejuaraan dua tahunan itu berlangsung baik. Maka pihaknya optimistis prestasi atlet yang dikirim akan melebihi saat Kontingen Indonesia turun pada ABG ke III di Haiyang, Tiongkok, dua tahun lalu. Saat itu hanya meraih enam emas, enam perak dan empat perunggu.

Indonesia pada ABG ke IV di Phuket, Thailand, mengirimkan 104 atlet dari 17 cabang olahraga. Ada lima cabang yang diharapkan menjadi lumbung medali yaitu jet ski, ski air, panjat tebing, binaraga dan paralayang.

"Dengan prestasi yang lebih tinggi, berarti perolehan medali akan lebih banyak dan itu akan meningkatkan peringkat. Tentu saya tidak lupa mengirim pesan, peningkatan prestasi juga seiring dengan peningkatan sportivitas," katanya menambahkan.

Pesta Olahraga Pantai se Asia atau ABG secara resmi dibuka di Pantai Saphan Hin, Phuket, Thailand. Jumat malam. Ada 45 negara yang terlibat pada kejuaraan ini. Sedangkan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 26 cabang.

Pada pembukaan ABG 2014 ini, Menpora Imam Nahrawi didampingi oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo, Sesmenpora Alfitra Salamm dan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Djoko Pekik Irianto.

Meski sempat diguyur hujan, pembukaan ABG 2014 berlangsung meriah. Berbagai tarian tradisional Thailand ditampilkan, diiringi dengan permainan kembang api yang menawan. Juga ditampilkan beberapa artis yang menyanyikan lagu-lagu pop Thailand.

Permainan kembang api beberapa kali disajikan, menjadikan kawasan wisata Pantai Saphan berubah jadi terang benderang. Usai sajian kesenian, acara dilanjutkan dengan parade para atlet yang berbaris sesuai abjad. Kontingen Indonesia yang berada di depan kontingen Iran, mendapat sambutan meriah dari undangan yang memenuhi stadion semi permanen yang dibangun di kawasan pantai.

Sebelumnya, Presiden Olympic Council of Asia (OCA), Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Thailand yang telah menjadi tuan rumah ABG ke IV ini. Tidak semua negara di kawasan Asia memiliki pantai, tetapi semuanya mengikuti multi event ini yang menunjukkan solidaritas negara-negara Asia.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014