Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah melalui Kedutaan Besar RI di Jepang mendorong pengusaha dari negara itu berinvestasi di Tanah Air dengan memfasilitasi kunjungan mereka ke Indonesia.

"Dengan berkunjung ke Indonesia, para pengusaha Jepang dapat melihat langsung potensi yang dapat dikembangkan antarkedua belah pihak," kata Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Melalui kunjungan tersebut, para pengusaha Jepang berkesempatan berdialog dengan para pembuat kebijakan di Indonesia mengenai arah pembangunan nasional ke depan serta upaya Indonesia untuk meningkatkan investasi.

Duta Besar RI telah mengadakan pertemuan dengan para pimpinan serta pengusaha senior yang tergabung dalam Friendship Exchange Council (FEC) Jepang pada 2 Maret 2015 guna membahas persiapan kunjungan ke Indonesia.

Yusron memberikan pemaparan kepada para pengusaha yang akan dikirim ke Indonesia tentang prioritas pembangunan Indonesia pada sektor maritim, pembangunan infrastruktur, pembangunan tenaga listrik serta pemerataan pembangunan ke daerah-daerah.

Menurut dia Jepang perlu meningkatkan kerja sama ekonomi dan investasi di Indonesia karena penduduk kelas menengah Indonesia yang semakin meningkat serta kemampuan Indonesia sebagai basis produksi untuk konsumsi domestik maupun pasar ekspor.

"Sebanyak 70 persen investor Jepang di Indonesia tidak hanya memasarkan produknya bagi pasar domestik Indonesia melainkan juga mengekspor produknya ke berbagai negara, hal ini merupakan hal yang perlu ditiru pengusaha Jepang lainnya," kata Yusron.

Kedutaan Besar RI pada 15 hingga 18 Maret 2015 akan memfasilitasi pengiriman FEC Japan (International Friendship Exchange Council of Japan) ke Indonesia.

Setelah itu, giliran Federasi Bisnis Jepang (Keidanren) yang akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 7 hingga 9 April 2015, masing-masing kunjungan diikuti 25 pemimpin perusahaan di Jepang.

Para peserta menyambut baik pengiriman tersebut, Ketua FEC Japan sekaligus CEO Ajinomoto, Norio Yamaguchi mengatakan pengiriman tersebut penting agar mereka dapat membahas secara langsung berbagai kebijakan pembangunan Indonesia.

Sebelumnya pada 2-3 Februari 20015, KBRI Tokyo juga telah memfasilitasi kunjungan Kadin Jepang ke Jakarta, kunjungan tersebut diikuti 64 pengusaha Jepang dari berbagai industri.

Para peserta telah bertemu dan berdialog dengan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusf Kala serta sejumlah Menteri, mereka juga bertemu dengan Kadin Indonesia dan Apindo.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015