Jakarta (ANTARA News) - 23 negara mengeluarkan saran untuk berhati-hati atau bahkan tidak mengunjungi (travel advisory) Thailand menyusul bom yang diledakkan di Kuil Hindu Erawan, Bangkok, dan sehari kemudian disusul bom di sebuah dermaga di kota ini.

Menurut Bangkok Post kebanyakan negara hanya menyarankan untuk berhat-hati selama di Thailand dan bukan menghindari berkunjung ke negeri ini.

Kementerian Luar Negeri Thailand menyatakan 12 negara mengeluaran travel advisory "Tingkat 2" yang meminta warga negaranya untuk ekstra hati-hati.

Keduabelas negara itu adalah Austria, Belgia, Denmark, Prancis, Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Swedia, Swiss, Taiwan dan Amerika Serikat.

Sembilan negara mengeluarkan peringatan lebih tinggi "Tingkat 3". Kesembilannya adalah Australia, Kanada, Tiongkok, Jerman, Italia, Irlandia, Selandia Baru, Rusia dan Inggris.

Hanya Hong Kong yang mengeluarkan larangan berkunjung ke Thailand atau peringatan "Tingkat 4", sedangkan Belanda hanya mengeluarkan peringatan "Tingkat 1".

Dalam daftar ini Indonesia yang seorang warga negaranya dikabarkan tewas dalam bom di kuil Erawan, tidak mengeluarkan peringatan apa pun kepada warga negaranya yang tengah berada di Thailand.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015