Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hanoi akan menyelenggarakan Pameran Dagang dan Forum Pengusaha Indonesia-Vietnam di Hanoi, Vietnam, 10-12 Desember 2015, untuk memperluas pasar produk Indonesia di Vietnam yang berkembang pesat dan memperluas interaksi pengusaha Indonesia-Vietnam.

Siaran pers KBRI di Hanoi yang diterima di Jakarta, Senin menyebutkan sebanyak 100 perusahaan Indonesia akan menampilkan produk-produknya dalam pameran di ICE Hanoi.

Produk Indonesia yang akan ditampilkan beragam mulai dari produk makanan dan minuman sampai produk otomotif dan suku cadang, mesin, minyak dan batubara, peralatan elektronik dan rumah, konstruksi dan konsultan, farmasi dan peralatan medis serta produk kimia.

Pameran produk Indonesia tersebut merupakan pameran besar yang pertama kali diadakan di Hanoi. Pameran ini merupakan upaya perwakilan RI untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha Indonesia terhadap perkembangan terkini di Vietnam, dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada serta memperluas kehadiran ekonomi Indonesia di negara tetangga itu.

Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mencapai target perdagangan antara kedua negara senilai 10 miliar dolar AS pada tahun 2018.

Nilai perdagangan kedua negara pada tahun 2014 menunjukkan telah mencapai 5,6 miliar dolar AS. Di bidang investasi, saat ini lebih dari 25 perusahaan Indonesia telah beroperasi di Vietnam.

Sementara itu Forum Bisnis Indonesia-Vietnam yang akan diselenggarakan pada 11 Desember 2015 menyediakan peluang bagi komunitas bisnis Vietnam dan Indonesia bertemu dan mencari usaha-usaha bisnis serta mengeksplorasi kerja sama menguntungkan kedua belah pihak.

Forum Bisnis tersebut akan dihadiri oleh pejabat tinggi Indonesia dan Vietnam yang terkait dengan perdagangan dan investasi serta pengusaha terkemuka Indonesia dan Vietnam.

Forum ini diharapkan memberikan wawasan baru bagi para pengusaha dan pembuat kebijakan di Vietnam dan Indonesia tentang perkembangan terkini di masing-masing negara, khusus di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi. Sekitar 150 pengusaha Indonesia dan 250 pengusaha dari Vietnam tercatat akan mengikuti forum ini.

Kegiatan ini juga akan dimanfaatkan oleh beberapa pemerintah daerah dengan membawa pengusaha-pengusaha di daerahnya untuk melihat peluang kerja sama ekonomi dengan Vietnam.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015