Magelang (ANTARA News) - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir meresmikan gedung baru Fakultas Ekonomi Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, Selasa.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Menristek disaksikan oleh Rektor Untidar, Cahyo Yusuf dan dilanjutkan peninjauan gedung baru tersebut.

Menristek dalam sambutannya mengatakan pengelolaan kelembagaan yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa diharapkan dengan tersedianya fasilitas ini bisa meningkatkan proses pembelajaran di Untidar, khususnya di Fakultas Ekonomi.

"Paling tidak Untidar setelah menjadi universitas negeri, jumlah mahasiswanya akan semakin meningkat dengan adanya fasilitas yang bertambah. Jadi angka partisipasi kasarnya akan menjadi naik, katanya.

Selain itu, katanya mungkin tingkat seleksinya juga meningkat, karena perubahan status dari swasta menjadi negeri.

"Ke depan harapan kami proses pembelajaran di Untidar semakin meningkat lebih baik dengan bertamnbahnya sarana tersebut. Jangan sampai tambah sarana tetapi kualitasnya tidak meningkat," katanya.

Ia menuturkan setelah tersedianya kampus ini, dosennya harus segera mengambil S3 karena alokasi anggaran untuk S3 ini cukup besar, baik S3 dalam negeri atau luar negeri. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kualitas.

"Hal ini harus sejalan, meningkatnya kualitas sarana prasarana harus melihat ke sumber daya dosennya akan berdampak pada proses pembelajarannya semakin baik. Harapan kami ke depan berapa dosen S3, berapa yang sedang proses S3, berapa dosen yang masih S1 harus segera dituntaskan agar kualitas dosen meningkat," katanya.

Rektor Untidar Cahyo Yusuf mengatakan gedung baru Fakultas Ekonomi dengan bangunan empat lantai ini dibangun selama lima bulan dengan anggaran Rp28,2 miliar. Saat ini Untidar juga sedang menyelesaikan pembangunan Fakultas Teknik dengan anggaran Rp25,3 miliar.

Ia mengatakan, di Kampus Tuguran tersebut ke depan rencannya hanya ditempati Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. Sedangkan sejumlah fakultas lain tempatnya terpencar di beberapa daerah, antara lain Fakultas Pertanian di Bandongan, Fakultas Kedokteran Gigi dan Kesehatan Masyarakat di Mertoyudan, Fakultas Perikanan dan Fakultas Hukum di Temanggung, Fakultas Peternakan dan Teknologi Pertanian di Wonosobo.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016