... tidak ada pemindahan, penggusuran. Nanti dikembangkan berdasarkan gugus-gugus yang ada di masyarakat...
Magelang, Jawa Tengah (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Parwisata Jawa Tengah menjamin tidak akan ada penggusuran warga dalam pengembangan objek wisata Candi Borobudur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, di Magelang, Jumat malam, mengatakan, saat Borobudur dikembangkan lebih masif masyarakat bisa terlibat, merasa terapresiasi dan tidak ada lagi anggapan masyarakat tersingkir dalam pengembangan Borobudur.

"Jangan khawatir dengan kehadiran Badan Otoritas Borobudur, tidak ada pemindahan, penggusuran. Nanti dikembangkan berdasarkan gugus-gugus yang ada di masyarakat," katanya.

Menyinggung kegiatan yang dilakukan di Studio Mendut adanya kolaborasi pianis dunia Jeff Lorber dengan grup musik jazz daerah, Prasetyo mengatakan, kegiatan ini ingin mencoba menghadirkan kolaborasi musik jazz dengan Komunitas Lma Gunung yang dikenal variatif, karena bisa masuk di tarian, musik, drama, dan teatrikal.

"Ini luar biasa, sebuah komunitas tetapi melibatkan masyarakat dan mereka bukan orang profesional tetapi bisa menjadi bagian dari pada seni budaya di sini," katanya. 

Pewarta: Heru Prayitno
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016