Jakarta (ANTARA News) – Ketua MPR, Zulkifli Hasan, mengajak para da’i Indonesia untuk meneladani ulama Buya Hamka dalam menyampaikan dakwah ke berbagai pelosok negeri.

“Ulama besar Buya Hamka begitu cara berdakwahnya. Beliau mendidik muridnya dengan ilmu setelah dirasa mumpuni maka beliau akan mengirim para muridnya ke berbagai daerah dan berbaur,” katanya, saat menerima kunjungan Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah, seperti dilansir keterangan tertulis MPR, Selasa.

Dia mengatakan, itu juga sesuai cara Rasulullah SAW berdakwah, di mana Beliau mengedukasi para pendakwah dengan ilmu pengetahuan dan ilmu dakwah Islam, kemudian mengirim mereka ke berbagai daerah dan berbaur dengan masyarakat setempat.

“Saya rasa sangat penting program pengiriman da’i ke berbagai pelosok daerah dan terpencil.  Hal tersebut akan menambah wawasan para da’i dan akan menambah khasanah pengetahuan mereka tentang kebhinekaan Indonesia dengan berbaur dengan rakyat lokal serta sangat bermanfaat buat masyarakat daerah yang dikunjungi da’i,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Ketua LDK PP Muhammadiyah, M Ziyad, juga mengundang Hasan untuk menghadiri Rakornas dan Halaqah Da’i Nasional 2016, bertema “Peran Strategis Da’I Dalam Merawat Bhinneka Tunggal Ika”.

“Karena temanya sangat cocok dengan program MPR yakni soal Empat Pilar yang sedang giat digencarkan MPR, maka kami mengundang Ketua MPR untuk hadir memberikan keynote speech dalam momen acara tersebut,” katanya.

Pewarta: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016