Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tono Suratman mengharapkan semangat legenda pesepak bola Indonesia Maulwi Saelan dapat berlanjut dalam bidang olahraga Indonesia, terutama cabang sepak bola.

"Saya berharap olahraga itu sebagai alat pemersatu bangsa. Jika kita menghayati dan mengerti dasar-dasar olahraga, saya yakin dan percaya permasalahan-permasalahan yang ada tidak perlu terjadi," kata Tono usai mengikuti upacara pemakaman mantan kiper tim nasional Indonesia pada periode 1954-1958 itu di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa.

Tono mengatakan sosok Maulwi telah mengharumkan nama Indonesia melalui cabang olahraga sepak bola selain sebagai perwira TNI.

Jenazah pengawal pribadi Presiden Pertama Ir Soekarno itu dimakamkan dengan upacara militer di TMP Kalibata dengan dipimpin Inspektur Upacara Kolonel Cpm Sudharma.

Almarhum purnawirawan TNI Angkatan Darat berpangkat terakhir kolonel Cpm itu diantarkan ke pemakaman oleh keluarga, kerabat, perwakilan sekolah Al Azhar Kemang Jakarta Selatan, dan sejumlah perwira Puspom TNI AD.

Almarhum Maulwi meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) pada usia 90 tahun.

Sebelum meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Maulwi Saelan sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah kurang lebih tiga pekan dan kondisi sempat membaik. Namun, kondisi fisik Maulwi kembali menurun dan dibawa ke ICU Rumah Sakit Pertamina.

Pria kelahiran Makassar, 8 Agustus 1926 itu telah mengharumkan nama Indonesia lewat cabang olahraga sepak bola dalam kejuaraan internasional. Maulwi telah bermain luar biasa saat mengawal gawang Timnas Merah-Putih dalam Olimpiade Melbourne 1956.

Saat itu, Maulwi Saelan sukses menahan gempuran pemain Uni Soviet sehingga timnas mampu menahan imbang 0-0. Padahal, Uni Soviet saat itu merupakan salah satu tim terkuat di dunia saat itu. Prestasi tersebut bisa dikatakan fenomenal dan hingga saat ini belum mampu diimbangi oleh timnas saat ini.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016