Jakarta (ANTARA News) - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dalam survei terbaru menyebutkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat memiliki keterpilihan tertinggi yaitu di Jakarta Selatan sebanyak 25,30 persen dan di Jakarta Barat (29,60).

Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby yang didampingi Dewi Arum, mengemukakan hal tersebut kepada pers di Jakarta, Rabu.

Sedangkan pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni keterpilihan di Jaksel (20,90) dan di Jakbar (28,40), sedangkan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Jaksel (22,0) dan Jakbar (27,20). Masih rahasia di Jaksel (31,80) dan di Jakbar (14,8).

Survei LSI dilakukan pada 3-8 Desember 2016, responden 440 orang, menggunakan metode multistage random sampling, dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner, margin error sekitar 4,8 persen.

Adjie mengatakan, hasil survei itu dengan pertanyaan jika Pilgub DKI dilaksanakan hari ini. Pasangan Agus-Sylvia mengungguli pasangan lainnya, yaitu di Jakpus (62,90), Jaktim (38,10), Jakut (34,30) dan Kep Seribu (50 persen).

Dalam survei itu tiga cagub DKI mengalami kenaikan elektabilitas dari November ke Desember 2016 yaitu Basuki Tjahaja Purnama dari 24,6 persen menjadi 27,1 persen; Agus Harimurti Yudhoyono dari 20,9 menjadi 33,6 persen; Anies Baswedan dari 20,0 menjadi 23,6 persen.

Adjie menjelaskan, kenaikan elektabilitas Basuki-Djarot antara lain, karena Ahok bersikap "low profile", dengan menghindari bicara kontroversi dan kasar, serta permintaan maaf Ahok mulai diterima publik.

Hasil survei LSI menyebutkan kenaikan elektabilitas pasangan Agus -Sylviana, antara lain personalitas Agus paling disukai di banding cagub lainnya.

Selain itu, program Agus-Sylviana dinilai menarik simpati publik menengah ke bawah, yaitu program dana bergulir Rp50 juta satu unit usaha, program bantuan tunai Rp5 juta/tahun bagi keluarga tak mampu, dan program bantuan Rp1 miliar per RW/RT.

Adjie menambahkan, jika loyalitas pemilih Agus tidak berkurang dari dukungannya saat ini (33,6 persen), maka pasangan Agus-Sylviana akanmenjadi peserta pertama yang lolos di putaran kedua Pilgub DKI, karena dukungan sudah melampaui 1/3 dari 100 persen suara (33,3 persen).

Pilkada DKI 2017, akan diikuti tiga pasangan cagub, yaitu nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni; nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat; nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016