Suka pada sepatu Anda. Bagusnya sepatu itu
Riyadh, Arab Saudi (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendapatkan sambutan dan penerimaan yang hangat dari para pemimpin Arab dalam KTT Arab-Islam-Amerika di Riyadh, Arab Saudi.

Ini tidak lepas dari lontaran kalimat pujian kepada para pemimpin Arab yang keluar dari mulut sang presiden Amerika Serikat.

Dia memuji Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, dengan berkata, "Anda telah menunaikan tugas yang luar biasa."

Padahal  pemerintahan sebelumnya pimpinan Barack Obama sulit menjalin hubungan dengan Sisi yang berkuasa di Mesir setelah memimpin kudeta pada 2013 sewaktu ratusan demonstran tewas dan sejak berkuasa telah memenjarakan ribuan lawan politiknya.

Trump berjanji akan segera mengunjungi Mesir. Dia bahkan memuji sepatu hitam yang dikenakan Presiden Sisi. "Suka pada sepatu Anda. Bagusnya sepatu itu," kata dia.

Kepada Raja Bahrain Hamad bin Isa al-Khalifa, Trump menyatakan bahwa kedua negara memiliki banyak kesamaan dan menjanjikan tidak ada gangguan kepada Bahrain.

Raja Bahrain menyambut hubungan itu dan menyebut AS telah memimpin stabilitas besar dan kemakmuran di Timur Tengah.

Bahrain adalah tempat pangkalan armada AS di Timur Tengah. Kelurga kerajaan yang Sunni memerintah rakyatnya yang mayoritas Syiah. Raja Bahran beberapa kali disentil pemerintahan Obama karena menindas oposisi, demikian Reuters.


Baca juga: (Trump-Arab Saudi capai kesepakatan persenjataan 110 miliar dolar Amerika)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017