... misi yang akan digelar nanti berupa evakuasi medis, penanganan logistik, dan SAR tempur...
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Angkatan Udara Singapura dan TNI AU menggelar Latihan Bersama Manyar Indopura 2017 di Pangkalan Udara Utama TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Tiga skuadron udara terlibat dalam latihan ini. Dari Indonesia, Skuadron Udara 6 dan Skuadron Udara 8, serta Singapura dari Skuadron 126," kata Direktur Latihan Manyar Indopura 2017, Letnan Kolonel Penerbang Suryo Patmonobo, di Pekanbaru, Rabu.

Sehari-hari dia adalah komandan Skuadron Udara 6, di Pangkalan Udara Utama TNI AU Atang Sendjaya, Bogor. Dari Skuadron Udara 6, dikerahkan empat unit helikopter NAS-332 Super Puma terlibat dalam latihan bersama itu. 50 personel terlibat dalam latihan yang direncanakan hingga Selasa nanti (25/7).

Latihan Bersama Manyar Indopura yang saban tahun digelar antara Indonesia-Singapura fokus pada aspek SAR tempur dan medis tempur. "Jadi misi yang akan digelar nanti berupa evakuasi medis, penanganan logistik, dan SAR tempur," tuturnya.

Sejauh ini Latihan Gabungan Manyar Indopura telah digelar 15 kali.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI Age Wiraksono, berpesan kepada seluruh prajurit yang terlibat untuk  mengutamakan keselamatan.

Pangkalan Udara Utama TNI AU Roesmin Nurjadin satu-satunya pangkalan udara TNI AU tipe A di Pulau Sumatera. Pangkalan itu kini diperkuat dengan dua skuadron tempur yakni Skuadron Udara 12 (Hawk 100/200) dan Skuadron Udara 16 (F-16 Blok 52ID).

Pewarta: Bayu Agustari dan Anggi Romadhoni
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017