Jakarta (ANTARA News) - Kemarin Presiden Joko Widodo angkat suara menanggapi pernyataan  Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan massa menggelar aksi yang dinamai aksi 287 untuk menolak penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Masyarakat (Ormas).

Selain itu ada berita mengenai perkembangan harga garam dan berita-berita lain yang bisa dibaca kembali hari ini sebagai berikut:

1. Jokowi tanggapi pernyataan SBY soal kekuasaan absolut

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa di Indonesia tidak ada kekuasaan yang absolut dan menyatakan bahwa pihak yang menyebut adanya praktik kekuasaan yang absolut sangat berlebihan.

"Perlu saya sampaikan bahwa saat ini tidak ada kekuasaan absolut atau kekuasaan mutlak, kan ada pers, ada media, ada juga LSM, ada juga yang mengawasi di DPR, pengawasannya kan dari mana-mana, rakyat juga bisa mengawasi langsung," katanya merespons pernyataan presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahwa para pemegang kekuasaan tidak boleh tanpa batas menyalahgunakan kekuasaannya.
 

2. Aksi massa tolak Perppu Ormas

Massa berjalan kaki dari Masjid Istiqlal ke Gedung Mahkamah Konstitusi usai salat Jumat dalam aksi 287 yang ditujukan untuk memprotes penerbitan Perppu tentang Ormas.


3. Indonesia tegaskan dukungan untuk kemerdekaan Palestina

Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla menegaskan akan tetap mendukung kemerdekaan rakyat di Palestina meski tekanan dari luar negeri meminta Indonesia tidak berpihak kepada negara tersebut.

"Indonesia akan selalu berpihak kepada Palestina," katanya usai menerima Tanda Kehormatan Anugerah Unismuh Makassar Pertama di Kampus Unismuh Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Meski dukungan kemerdekaan itu mengalir, duta perdamaian itu mengatakan, rakyat di Palestina harus bersatu dalam memerangi kezaliman dan serangan militer Israel.


4. Siti Aisyah menangis usai sidang pembunuhan Kim Jong-nam

Terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara, Siti Aisyah (25), menangis usai sidang di Mahkamah Tinggi Jenayah 1 Shah Alam Selangor, Jumat.

Siti terlihat menangis saat bercakap-cakap dengan Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur Andreano Erwin bersama dua orang staf dan sejumlah pengacaranya dari firma hukum Gooi and Azurra.


5. Gangguan pasokan garam pengaruhi industri

Kegiatan produksi industri kerajinan kulit di Kabupaten Garut terganggu karena garam yang digunakan untuk proses pembuatan bahan baku kulit setengah jadi susut di pasaran.

Selain itu harga garam yang naik menambah biaya produksi, menipiskan keuntungan para pengusaha penyamakan kulit di Garut menurut Wakil Ketua Bidang Pemerintahan Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) Kabupaten Garut, Sukandar.

Gangguan pasokan garam juga membuat pengusaha ikan asin di Kota  Pekalongan, Jawa Tengah, memilih menghentikan produksi sementara.



Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017