Jakarta (ANTARA News) - Euro Management Indonesia bersama Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI) memberikan beasiswa bahasa asing pada 7.717 peserta yang berasal dari semua kalangan seperti pelajar, mahasiswa, PNS, dan jurnalis.

"Sejak tahun 2016 sampai dengan saat ini, jumlah peserta program beasiswa GI2030 yang telah mendaftar sebanyak 7.717 pendaftar dari semua segmen program beasiswa GI2030. Dengan rincian 2510 peserta Siswa SMA, 2.207 peserta Mahasiswa, 1.500 peserta ASN, dan 1500 Peserta jurnalis & SDM Media Massa," ujar Penggagas Program Beasiswa Indonesia 2030, Bimo Sasongko, dalam refleksi akhir 2017 Gerakan Indonesia 2030 di Jakarta, Jumat.

Dalam menyambut akhir tahun 2017 dan tahun baru 2018, Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia bersama dengan Euro Management Indonesia menggelar kegiatan "Refleksi Akhir Tahun 2017 Gerakan Indonesia 2030 dengan tema 2 Tahun Menuju Sejuta Indonesia di jantung Dunia, ujar Bimo Sasongko.

Ia mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk terus meningkatkan kualitas Program Beasiswa Gerakan Indonesia 2030 setiap tahunnya.

Sebelumnya perlu diketahui tujuan dari Gerakan Indonesia 2030 adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan cara memberikan kesempatan pelatihan bahasa asing dan memotivasi para penerima manfaat beasiswa ini untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, baik jenjang pendidikan Bachelor, Master, hingga Doctora te Degree.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Ir. H. M Suseno, Rumah Eropa pada Jumat, 22 Desember 2017, juga dihadiri Ahmed Kurnia Suriawidjaja, Direktur Sekolah jurnalis Indonesia, Aliansi jurnalis Independen jakarta, dan juga Persatuan Guru Republik Indonesia Provinsi DKI jakarta.

Dalam pertemuan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding antara PGRI DKI jakarta dengan YPEl dan juga Euro Management lndonesia tentang Peresmian dan Pemberian Beasiswa Guru Gerakan Indonesia 2030 untuk Guru diwilayah Provinsi DKI jakarta.

Bimo Sasongko, Penggagas Program Beasiswa Indonesia 2030, menyatakan pada beberapa kesempatan, sosialisasi Program Beasiswa Guru sudah dilakukan di beberapa acara PGRI DKI jakarta dengan Guru-guru di wilayah DKI jakarta.

Para guru sangat antusias untuk dapat belajar kembali dan meningkatkan kapasitas guru di Indonesia" ujar Bimo Sasongko, Ketua Yayasan Pendidikan Eropa I ndonesia.

Selain program beasiswa bahasa untuk Guru, sebelumnya pada tahun 2016 Beasiswa Gerakan Indonesia 2030 terlebih dahulu sudah diluncurkan dan dijalankan untuk beberapa segmen seperti SMA, Mahasiswa, dan juga jurnalis.

Pada tahun 2017, cakupan program GI 2030 semakin berkembang dan meluas dengan menggaet segmen peserta tingkat PNS/ASN, dan juga guru.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017