Makassar (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menerima penghargaan nasional dari Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Award sebagai Koordinator Embarkasi Haji Terbaik pada Hari Amal Bakti Ke-72 Kementerian Agama di Gedung Manunggal, Kota Makassar, Rabu.

"Gubernur merupakan Koordinator Penyelenggara Haji Embarkasi Makassar, dan dia dinilai memberikan pelayanan haji terbaik di Indonesia," kata Kepala Kementerian Agama Sulsel Abdul Wahid Thahir di sela acara tersebut.

Abdul Wahid Thahir, dalam laporannya, mengatakan Hari Bakti yang dirangkaikan dengan ramah tamah telah diawali dengan berbagai kegiatan pendahulu seperti gerak jalan kerukunan, vokal group lintas agama dan olahraga.

Abdul Wahid berharap Hari Bakti kali ini, dengan sumber daya manusia yang ada di Kementrian Agama Sulsel berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan amanah dengan baik.

"Dengan tema yang ada, mari berkomitmen untuk melaksanakan integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladan," harapnya.

Sementara Gubernur Syahrul sebelum membacakankan sambutan Menteri Agama RI menyampaikan bahwa sebagai warga negara Indonesia, terutama aparatur negara harus memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Apakah yang kita lakukan telah memberikan sesuatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat,?" tanyanya.

Adapun misi yang melekat pada aparatur negara di Kementerian Agama adalah mengayomi bangsa, melebarkan akses pendidikan, pelayanan keagamaan yang berkualitas, memberikan pelayanan sesuai kebutuhan agama.

"Misi ini harus dipenuhi karena tuntutan publik semakin tinggi, cepat, spontan dan membutuhkan respon cepat," ucapnya.

Syahrul mengajak agar Hari Bakti menjadi momentum menyemai kebaikan dan menyebarkan kedamaian.

"Saya mengajak semua untuk menjadi duta kedamaian, agama adalah pembawa kesejukan, pesan ini penting agar tidak terjebak perseteruan dan jebakan pertentangan atas nama agama," katanya.

Pada kesempatan tersebut, gubernur yang telah menjabat dua periode itu mengaku bersyukur bisa hadir selama sepuluh kali berturut-turut pada Hari Bakti.

Pada acara tersebut juga dilakukan penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya (30, 20 dan 10 tahun) serta nota kesepahaman bersama (MoU) dengan BNN dan empat universitas (UNM, UMI, Universitas Muhammadyah Makassar dan UIM) di Sulsel dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia aparatur Kementerian Agama.

Pewarta: Nurhaya J Panga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018