Jakarta (ANTARA News) - Penjaga pantai di negara bagia New South Wales, Australia menyelamatkan dua remaja yang terbawa arus berkat drone yang sedang mereka uji coba.

Drone menangkap gambar dua remaja laki-laki terbawa gelombang setinggi tiga meter sejauh 700 meter dari pantai di Lennox Head.

"Saya bisa mengeluarkan drone, menerbangkan ke lokasi dan menjatuhkan bantuan dalam satu-dua menit," kata pengawas penjaga pantai, Jai Sheridan, dikutip dari laman The Verge.

Pejabat pemerintahan mengonfirmasi penyelamatan itu berlangsung sekitar 70 detik, jauh lebih cepat dibandingkan jika penjaga harus berenang menghampiri mereka yang memakan waktu enam menit.

Drone milik perusahaan Little Ripper Life Saver dikembangkan agar dapat membawa buntalan ringan berisi bantuan.

Begitu melihat posisi korban terbawa arus, penjaga pantai melepas buntalan berisi pelampung yang langsung mengembang begitu menyentuh air sehingga kedua remaja itu bisa memakainya dan berenang menuju pantai.

Buntalan tersebut dirancang agar dapat memuat automatic external defibrillator (AED), pelampung, perangkat elektromagnetik pengusir hiu dan peralatan untuk bertahan hidup seperti air, selimut panas dan radio.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018