Magelang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan masyarakat bisa mengangkat potensi desa untuk dikembangkan di bidang pertanian, kebudayaan, dan pariwisata.

Ganjar di Magelang, Jumat, mengatakan dengan mengembangkan potensi desa maka bisa menambah penghasilan masyarakat.

Ia mengatakan hal tersebut usai panen perdana cabai di Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

"Pemuda Desa Girikulon ini ternyata kreatif, yakni memanfaatkan aliran sungai yang ada di desa untuk mengembangkan wisata tubing," katanya.

Ia menuturkan di desa ini ada grup kesenian yang bisa dikembangkan untuk paket wisata. Sebenarnya tanaman cabai ini juga bisa dipadukan menjadi paket wisata petik cabai, terutama bagi wisatawan mancanegara.

"Hal itu bisa dikembangkan dan merupakan pengalaman menarik bagi wisatawan asing karena di negaranya belum tentu ada," katanya.

Ia mengatakan di desa ini ada potensi pertanian, pariwisata, dan kesenian yang nantinya bisa dikembangkan lebih baik lagi sehingga akan lebih banyak lagi wisatawan berkunjung ke sini.

"Namun, yang lebih penting lagi adalah `guyup`, kebersamaan antarwarga terpelihara dengan baik. Hal ini juga merupakan potesnsi desa yang menarik, karena wisatawan sekarang ingin berkunjung ke desa dan desa wisata sekarang dibangun dimana-mana," katanya.

Ia mengatakan sekarang wisatawan cenderung ingin mengunjungi desa. Kalau di Magelang ini wisatawan tidak hanya ingin ke Borobudur saja, tetapi juga di desa-desa sekitarnya.

"Jangan lupa potensi desa itu diupload atau diunggah di media sosial, bisa menjadi promosi gratis yang nantinya orang akan tertarik ke sini," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018