Surat bersifat rahasia sehingga yang tahu hanya Ketua DPR."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan sudah mengirimkan surat berisikan nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018--2023 untuk diuji kelayakan dan kepatutan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kata Anggota Komisi XI DPR Misbakhun.

"Sudah dikirimkan oleh Sekretariat Negara, dan sudah sampai DPR," ujar anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) di Jakarta, Jumat.

Namun, Misbakhun masih enggan mengungkapkan nama calon pimpinan bank sentral yang sudah diajukan Presiden Jokowi.

"Surat bersifat rahasia sehingga yang tahu hanya Ketua DPR," ujarnya.

Surat yang sudah masuk DPR akan dibacakan di Rapat Paripurna DPR, lalu dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) untuk ditugaskan ke Komisi XI guna diuji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi sebelumnya mengungkapkan bahwa terdapat empat nama Calon Gubernur BI yang akan diusulkan kepada Presiden Jokowi.

Empat nama itu adalah calon petahana Agus Martowardojo, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri.

Masa kepimpinan Gubernur BI 2013--2018 yang saat ini dipimpin Agus Martowardojo akan berakhir pada 15 Mei 2018, dan Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengirim nama calon Gubernur BI untuk diuji kelayakan dan kepatutan pada pekan ketiga Februari 2018.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018