Beijing (ANTARA News) - Partai Komunis China akan mengadakan pertemuan tiga hari dengan pejabat tinggi yang dimulai pada Senin, demikian kantor berita Xinhua, Sabtu.

Pertemuan tersebut kemungkinan akan mendiskusikan dan menetapkan keputusan personel utama sebelum perombakan pemerintahan bulan depan.

Dalam sebuah pernyataan singkat menyusul pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping, yang juga ketua partai tersebut, Xinhua mengatakan bahwa Komite Sentral partai tersebut akan mengadakan sidang paripurna dari tanggal 26 Februari sampai 28 Februari.

Xinhua tidak memberikan rincian lainnya. Komite Sentral merupakan badan pengambil keputusan elit partai terbesar, dan terdiri dari 204 anggota penuh dan sekitar 170 anggota pengganti.

Sementara pos-pos penting partai diumumkan pada sebuah kongres partai pada Oktober, posisi pemerintah masih harus diputuskan secara resmi dan dipilih secara formal pada sidang tahunan parlemen pengesahan yang dimulai pada 5 Maret.

Pos yang diinginkan parlemen perlu memberikan persetujuan resmi untuk memasukkan posisi kabinet seperti perdana menteri dan para menteri serta juga kepala regulator seperti untuk bank pusat.

Liu He, seorang ekonom terlatih Harvard yang menjadi orang kepercayaan Xi, telah muncul sebagai kandidat gubernur berikutnya untuk Bank Rakyat China, menurut tiga sumber yang mengetahui situasi tersebut.

Sementara partai tersebut membuat keputusan, mereka harus dipilih oleh parlemen, walaupun parlemen diatur dengan anggota loyalis partai, mereka tidak akan memberikan suara yang menentang keputusan partai.

Parlemen juga akan memilih mengubah konstitusi untuk merujuk pada pemikiran politik Xi dan membentuk kerangka konstitusional untuk badan anti-korupsi baru.

Rapat paripurna biasanya tidak terjadi begitu dekat dengan pembukaan sidang tahunan parlemen, meskipun Xi telah berulang kali menunjukkan keinginan untuk berpisah dengan pendahulunya sejak dia menjabat lebih dari lima tahun yang lalu, demikian Reuters.

(Uu.KR-DVI/M016)

Pewarta: SYSTEM
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018