Majalengka (ANTARA News) - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang berlokasi di Kabupaten Majalengka direncanakan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang untuk memberikan kemudahan pelayanan transportasi bagi dunia usaha.

"Karena jaraknya kurang lebih 40 kilometer, sehingga integrasi itu memudahkan dan memberikan pelayanan kepada investor yang masuk," kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers di bandara itu pada Kamis.

Menurut Presiden, integrasi antara fasilitas bandara dengan pelabuhan tersebut diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan BIJB Kertajati, tambah Jokowi, merupakan keberhasilan kerja sama pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi serta dunia usaha swasta.

"Model bisnis ini akan kita kembangkan di daerah lain, sehingga percepatan pembangunan bisa betul-betul kita rasakan," demikian Jokowi.

Presiden melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, selama dua hari melalui BIJB Kertajati.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 menjadi pesawat pertama yang mendarat di bandara itu.

Upacara penyambutan dengan penyemprotan air usai pesawat mendarat atau water salute pun dilakukan menandai pendaratan perdana pesawat terbang di bandara yang memiliki panjang landasan 2.500 meter itu.

Kementerian Perhubungan akan memperpanjang landasan menjadi 3.000 meter sehingga bandara dapat didarati oleh pesawat berbadan lebar sejenis Boeing 777 atau Airbus A330.
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) memberikan keterangan kepada wartawan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kelima kiri) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (keenam kiri), Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (ketiga kiri) saat tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). Presiden bersama rombongan menggunakan pesawat Kepresidenan mendarat untuk pertama kalinya di BIJB Kertajati dalam rangka kunjungan kerja di Jawa Barat selama dua hari. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan (keempat kiri) saat tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). Presiden bersama rombongan menggunakan pesawat Kepresidenan mendarat untuk pertama kalinya di BIJB Kertajati dalam rangka kunjungan kerja di Jawa Barat selama dua hari. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Baca juga: Indonesia-1 pesawat pertama mendarat di BIJB
 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018